Jokowi Sebut Bisnis Thrifting Mengganggu Industri Dalam Negeri

- 15 Maret 2023, 15:20 WIB
Bahaya thrifting untuk kesehatan
Bahaya thrifting untuk kesehatan /PEXELS/

Kabardki.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi buka suara terkait usulan Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Kemenkop UKM) untuk melarang bisnis pakaian impor bekas atau thrifting.

Kepala Negara menegaskan bahwa impor pakaian bekas mengganggu jalannya industri tekstil di Indonesia. Hal itu dikatakannya saat peresmian pembukaan "Business Matching" Produk Dalam Negeri Tahun 2023 di Jakarta, Rabu, 15 Maret 2023.

"Sudah saya perintahkan untuk mencari betul dan sehari-dua hari sudah banyak yang ketemu. Itu mengganggu industri tekstil di dalam negeri," katanya, Rabu, 15 Maret 2023.

"Sangat mengganggu, yang namanya impor pakaian bekas mengganggu, sangat mengganggu industri dalam negeri kita," sambungnya.

Sebagai informasi, pakaian bekas merupakan barang yang tidak boleh diimpor ke Indonesia.

Hal itu sesuai dengan aturan yang tercantum dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 sebagaimana yang telah diubah dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.***

 

Editor: Rashif Usman


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x