Jelang Ramadan Harga Telur dan Ayam Meroket, Pembeli: Semoga Normal Kembali

- 18 Maret 2023, 17:15 WIB
Harga telur ayam dan daging ayam mengalami kenaikan jelang Ramadan
Harga telur ayam dan daging ayam mengalami kenaikan jelang Ramadan /PIXABAY/akirEVarga



KabarDKI.com - Jelang bulan Ramadan, harga telur dan daging ayam potong mulai meroket naik dengan harga bervariasi. Ini terjadi di sejumlah pasar tradisional di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kalau harga telur semua ukuran dari yang kecil, sedang, dan besar naik rata-rata Rp3.000 sampai Rp5.000. Harga semula Rp45 ribu per rak untuk ukuran kecil, sekarang Rp48 ribu per rak. Telur bebek dari Rp75 ribu naik Rp78 ribu," kata Iriani, pedagang di Pasar Terong, Makassar, dikutip dari Antara, Sabtu 18 Maret 2023.

Adapun penyebab kenaikan harga telur, karena tingginya permintaan menjelang masuk bulan puasa, sementara di sisi lain stok pengiriman terbatas. Dimana kenaikan harga telur sudah terjadi di awal Maret 2023.

Baca Juga: Mendag Zulhas Bakar Baju Bekas Impor Senilai Rp30 Miliar di 2 Kota

"Waktu awal bulan mulai naik sampai sekarang. Kemungkinan akan naik lagi saat masuk puasa karena permintaan tinggi, tapi pasokan telur dari peternak tidak terlalu banyak, makanya harga naik," paparnya.

Harga Ayam Naik Jelang Ramadan

Selain telur, kenaikan juga terjadi pada ayam. Pedagang ayam potong lainnya, Irwansyah menyebutkan, saat ini harga daging ayam potong naik Rp5.000 per kilogram, dari Rp60 ribu menjadi Rp65 ribu. Harga pun bervariasi tergantung berat ayam.

Kenaikan harga ayam juga dipicu keterbatasan stok pasokan dari sejumlah sentra peternak ayam di daerah, sedangkan permintaan daging ayam terus mengalami peningkatan.

"Untuk berat ayam 3,5 kilogram sudah kurang di pasar, tapi yang berat 2,5 kilogram masih ada disuplai peternak itu pun masih terbatas," ujarnya.

Faktor lain pemicu kenaikan harga daging ayam menjelang Ramadhan, kata dia, dari informasi distributor harga pakan ayam ikut naik sehingga mempengaruhi harga penjualan ayam potong di pasaran.

Baca Juga: Stok Jelang Ramadan Cukup di Jakarta Barat, Ini Daftar Harga Pangan

Salah seorang pembeli di pasar setempat, Putri mengatakan, harga bahan pokok terus merangkak naik, bukan hanya beras, terigu, minyak, bawang, tapi juga telur dan ayam potong.

"Mudah-mudah pemerintah segera turun tangan mengendalikan harga-harga apalagi mau masuk puasa ini, pasti harga bahan-bahan kebutuhan akan naik semua. Kita berharap bisa segera dinormalkan kembali,"harapnya.***

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x