Jangan Lupa Baca Dzikir setelah Sholat Tarawih Agar Terhindar dari Neraka

- 23 Maret 2023, 20:30 WIB
Jangan Lupa Baca Dzikir setelah Sholat Agar Terhindar dari Neraka
Jangan Lupa Baca Dzikir setelah Sholat Agar Terhindar dari Neraka /IST


KabarDKI.com - Pada bulan suci Ramadhan, selain berpuasa kaum muslim dianjurkan untuk melakukan sholat tarawih. Hal ini dilakukan agar pahala yang didapat menjadi sempurna.

Alangkah baiknya jika kaum muslim membaca dzikir setelah sholat tarawih.

Untuk diketahui, sholat Tarawih termasuk ibadah sunnah yang dikerjakan pada malam hari di bulan Ramadan. Waktu pelaksanaannya yaitu usai sholat isya hingga mendekati subuh.

Umat Islam di Indonesia biasanya menambahkan doa dan wirid khusus setelah melakukan sholat tarawih, umumnya dilakukan secara berjemaah di masjid atau musala.

Baca Juga: Niat Puasa Ramadhan Besok, Ini Hasil Sidang Isbat

Adapun keutamaan sholat Tarawih dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:

“Barangsiapa ibadah (Tarawih) pada bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Terdapat berbagai pendapat mengenai jumlah rakaat sholat Tarawih. Pada umumnya umat muslim mengerjakan sholat Tarawih 8 rakaat atau 20 rakaat, lalu diikuti dengan 3 rakaat sholat witir.


Berikut ini Bacaan Dzikir setelah Sholat Tarawih


Adapun bacaan dzikir setelah sholat Tarawih sebagai berikut:

Subhaanal malikil qudduus. (Baca 3 kali)

Subbuuhun, quddusun, rabbunaa wa rabbul malaaikati war ruuhi.

Allahumma innii a’uudzu bika bi ridhaaka min sakhatika wa bi mu’aafaatika min ‘uquubatika, wa a’uudzu bika minka laa uhshii tsanaa-an ‘alaika, anta kamaa atsnaita ‘alaa nafsik. Allahumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa (fa’fu’anna dibaca tiga kali) yaa kariim.

Demikianlah dzikir setelah sholat Tarawih. Jangan lupa diamalkan agar pahala yang didapatkan menjadi lebih sempurna dan jauh dari api neraka.***

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x