Tema Ceramah Ramadhan Melihat Keutamaan Bulan Puasa Dibanding yang Lainnya

- 24 Maret 2023, 10:00 WIB
Tema Ceramah Ramadhan Melihat Keutamaan Bulan Puasa
Tema Ceramah Ramadhan Melihat Keutamaan Bulan Puasa /IST


KabarDKI.com - Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi seluruh umat Islam. Pada bulan ini Allah SWT memberikan keberkahan dan melipatgandakan setiap ibadah yang dilakukan umatNya, termasuk ibadah puasa.

Tak hanya itu saja, Allah juga akan memberikan berbagai keutamaan bulan ramadhan di setiap harinya, yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya.

Seperti yang diketahui ibadah puasa ramadhan merupakan rukun Islam yang keempat. Ibadah ini merupakan ibadah yang wajib dilakukan umat Islam seluruh dunia. Allah SWT juga telah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,".

Baca Juga: Jangan Lupa Baca Dzikir setelah Sholat Tarawih Agar Terhindar dari Neraka



Tema Ceramah dalam melihat keutamaan bulan ramadhan dibandingkan yang lainnya



Keutamaan bulan Ramadhan ini menjadi tema ceramah seperti dikutip dalam "Bekal Ramadhan dan Idul Fithri (1): Menyambut Ramadhan" oleh Saiyid Mahadir, Lc, MA:

1. Bulan yang penuh keberkahan

Pada bulan Ramadhan akan dipenuhi dengan keberkahan. Allah telah menjanjikan keutamaan bulan ramadhan pada umatNya, pada bulan Ramadan. Hal ini juga tertuang sebagaimana hadits dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda:

"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpauasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang." (HR. An-Nasai)

2. Bulan pengampunan dosa

Di bulan ini Allah akan mengampuni dosa-dosa umatNya yang telah dilakukan pada masa lalu. Dosa-dosa yang telah lalu juga akan diampuni sebagai mana yang disebutkan dalam hadits ini. "Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari Muslim).

Selain itu, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Sholat lima waktu dan Jum'at ke Jum'at berikutnya, Ramadhan, ke Ramadhan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim).

3. Bulan dimana pahala menjadi dilipatgandakan

Allah menjanjikan bahwa ibadah yang dilakukan oleh setiap muslim yang berpuasa akan dilipatgandakan, termasuk kebaikan sekecil apapun.

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) "Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku." (HR. Muslim).

Baca Juga: Penuh Keberkahan, Ini 5 Keistimewaan Bulan Suci Ramadan

4. Mendapat dua kebahagiaan

Bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa telah dijanjikan Allah SWT akan mendapat dua kebahagiaan, sesuai dengan hadist HR. Muslim berikut:

"Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya." (HR. Muslim).

5. Dibukakan pintu surga

Allah juga akan memberikan keutamaan bagi umatNya di bulan Ramadan, dengan membukakan pintu surgaNya. Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai." (HR. Bukhari dan Muslim).***

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x