Sulit untuk Dilupakan, Ini 3 Kawasan Bersejarah yang Ada di Jakarta

- 27 Maret 2023, 08:00 WIB
Ini 3 Kawasan Bersejarah yang Ada di Jakarta
Ini 3 Kawasan Bersejarah yang Ada di Jakarta /www.indonesia.travel


KabarDKI.com - Jakarta kian berkembang dan tumbuh menjadi salah satu kota metropolitan terbesar di dunia. Pada tahun 1970-an, pemerintah Indonesia memulai program pembangunan yang ambisius untuk mengubah wajah kota.

Selama beberapa dekade terakhir, Jakarta terus mengalami perubahan dan modernisasi, meskipun masih menghadapi berbagai masalah seperti kemacetan lalu lintas, polusi udara, banjir, dan masalah sosial lainnya.

Namun, Jakarta tetap memiliki nilai historis yang tak lepas dari sejarah bangsa Indonesia. Dimana kota ini menjadi cita-cita dan asa untuk para putra daerah dari berbagai penjuru.



Berikut ini 3 tempat bersejarah yang ada di Jakarta:

Kota Tua Jakarta
Kota Tua Jakarta


1. Kota Tua

Kota Tua Jakarta, yang dikenal sebagai Old Batavia, merupakan sebuah kawasan bersejarah.  Kawasan ini merupakan bekas pusat kota Batavia pada masa penjajahan Belanda.

Kota Tua terdapat bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh hingga kini, seperti Gedung Arsip Nasional, Museum Fatahillah, dan Cafe Batavia.

Tugu monas menjadi salah satu ikon dari Ibu Kota Negara Jakarta.
Tugu monas menjadi salah satu ikon dari Ibu Kota Negara Jakarta.


2. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional atau Monas menjadi sebuah landmark yang terkenal di Jakarta. Monumen setinggi 132 meter ini terletak di pusat kota Jakarta dan dibangun pada tahun 1961 untuk memperingati perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaannya dari penjajahan Belanda.

Bagi kamu yang tertarik, di dalam Monas, terdapat Museum Sejarah Nasional yang berisi koleksi-koleksi benda sejarah Indonesia.

Presiden Joko Widodo melepas Kirab Merah Putih yang mengangkat tema “Menciptakan Kesatuan Indonesia yang Harmoni” di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu, 28 Agustus 2022.
Presiden Joko Widodo melepas Kirab Merah Putih yang mengangkat tema “Menciptakan Kesatuan Indonesia yang Harmoni” di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu, 28 Agustus 2022.


3. Istana Merdeka

Istana Merdeka menjadi kediaman resmi Presiden Republik Indonesia. Istana ini terletak di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Istana Merdeka memiliki arsitektur yang megah dan indah, serta memiliki nilai sejarah yang tinggi karena menjadi saksi bisu dari sejarah Indonesia sejak zaman penjajahan hingga era kemerdekaan.

Istana Merdeka juga menjadi tempat berlangsungnya upacara kenegaraan dan acara protokol resmi seperti acara 17 Agustus.

Demikianlah tiga tempat bersejarah yang ada di Jakarta, meski masih banyak lokasi lain tapi kawasan di atas merupakan tempat yang selalu menjadi tempat orang-orang ingin berwisata di Ibu Kota.***

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho

Sumber: Dari Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x