Stasiun KRL Terdekat dari Stasiun Gambir yang Jadi Tujuan Keluar Kota untuk Mudik

- 28 Maret 2023, 13:26 WIB
Stasiun KRL Terdekat dari Stasiun Gambir yang Jadi Tujuan Keluar Kota untuk Mudik
Stasiun KRL Terdekat dari Stasiun Gambir yang Jadi Tujuan Keluar Kota untuk Mudik /Foto: Antara/


KabarDKI.com - Mudik lebaran telah dekat, Stasiun Gambir yang terletak di Jakarta Pusat menjadi tempat tujuan keluar kota dengan menggunakan kereta eksekutif. Sayangnya stasiun KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line tak berhenti di Gambir, lantas penumpang harus turun dan menggunakan transportasi lain.

Di Jakarta ada tiga stasiun KRL yang dekat dengan Stasiun Gambir yakni Stasiun Juanda, Stasiun Gondangdia dan Stasiun Manggarai.

Apabila dari Stasiun Gambir kemudian akan menuju stasiun KRL, maka yang paling dekat adalah Stasiun Juanda.

 

Baca Juga: Anggota DPR Evita Nursanty Nilai Penumpang KRL Chaos saat Lebaran-Tahun Baru, Begini Respons Warganet

Sementara jika mau menuju Stasiun Gambir dari stasiun KRL, maka paling dekat adalah Stasiun Gondangdia.

Ada pula Stasiun Manggarai bagi yang datang dari jalur Bekasi-Cikarang, sehingga tidak perlu menunggu atau transit.


Ini adalah rute dari beberapa stasiun KRL ke Stasiun Gambir:


Stasiun Juanda

Stasiun Gambir ke Stasiun Juanda memiliki jarak sekitar 2,5 kilometer dengan menggunakan kendaraan. Dari Stasiun KRL ini kamu bisa naik transportasi lain seperti ojek daring atau bajaj ke Gambir.

Kamu juga bisa naik busway Transjakarta, dengan naik dari Halte Gambir 1, menunggu ke arah Harmoni, kemudian turun di Halte Juanda, sayangnya rute ini tidakbisa dilakukan sebaliknya.

Stasiun Gondangdia

Jarak Stasiun Gambir dengan Stasiun Gondangdia hanya 1,3 kilometer berjalan kaki, atau 1,7 kilometer dengan kendaraan.

Dari stasiun KRL ini kamu bisa naik Transjakarta 2P Gondangdia-Senen dari pintu selatan, kemudian turun di Halte Gambir 1, tapi ingat rute ini tidak berlaku sebaliknya. Selain itu juga bisa naik transportasi lain ke Stasiun Gambir.

Baca Juga: Sulit untuk Dilupakan, Ini 3 Kawasan Bersejarah yang Ada di Jakarta

Stasiun Manggarai

Jika ingin cepat, kamu bisa naik transportasi lain ke Stasiun Gambir, jaraknya sekitar 5 km dengan waktu jarak tempuh sekitar 30 menit dari stasiun KRL.

Apabila menggunakan Transjakarta, kamu harus transit dua kali dari Gambir, yaitu naik bus 5C arah PGC dari Halte Gambir 2.

Kamudian turun di Halte Matraman 2, menyeberang ke Halte Matraman 1. Dari Halte ini, kamu bisa naik Transjakarta 4 dan turun di Halte Terminal Manggarai.

Dari Halte Terminal Manggarai naik bus 6M ke arah Stasiun KRL Manggarai. Sebaliknya, dari Stasiun Manggarai, kamu bisa naik bus 6M arah Blok M dan transit di Halte Terminal Manggarai.

Dari Halte Terminal, naik bus koridor 4 lalu turun di Halte Tosari. Kemudian dari Halte Tosari, naik bus 1 ke arah Kota atau bus 6B ke arah Monas dan turun di Halte Monas. Kamu bisa naik Transjakarta 2 ke arah Pulo Gadung atau 5C arah PGC1 dan turun di Halte Gambir 2.***

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x