Omzet Pedagang Mainan di Pasar Gembrong Naik Ketika Ramadhan

- 28 Maret 2023, 17:00 WIB
Omzet Pedagang Mainan di Pasar Gembrong Naik Ketika Ramadhan
Omzet Pedagang Mainan di Pasar Gembrong Naik Ketika Ramadhan /ANTARA/Siti Nurhaliza)


KabarDKI.com - Bulan Ramadhan menjadi berkah bagi para pedagang mainan di Pasar Gembrong Baru, Jatinegara, Jakarta Timur. Selama enam hari puasa, omzet naik mencapai Rp3 juta, meskipun mereka menempati lokasi baru karena digusur akibat pembangunan proyek jalan tol Becakayu.
 
"Kalau Ramadhan ramai, meskipun kalo di tempat baru ini kan aksesnya susah, omzet turun banget dibanding tempat lama, tapi Ramadhan ini rezeki ada aja, pastinya omzet lumayan naik dibanding sebelum Ramadhan. Baru enam hari Ramadhan ini bisa Rp2-3 juta," ujar salah satu pedagang mainan Pasar Gembrong Baru, Agus, seperti dinukil dari Antara, Selasa 28 Maret 2023.

Ramainya pembeli mainan, kata Agus, karena saat Ramadhan anak-anak lebih fokus membeli mainan daripada makanan. Selain itu, banyak pedagang lain yang beralih menjual makanan.

Baca Juga: Gudang Disita, Pedagang Baju Bekas Impor di Jakarta Kesulitan
 
"Ramadhan gini kan anak kalo jajan makanan engga, pasti mainan, kalo hari biasa kan kebagi sama es, batagor, kalo puasa gini ga ada pendatang makanan, jadi orang tuh yang tadinya jualan makanan jadi pindah alih ke mainan, itu sudah dari tahun ke tahun terus belanjanya kesini buat jualan lagi di sekolah-sekolah," jelas Agus.
 
Hal serupa diungkapkan pedagang mainan lainnya di Pasar Gembrong Baru, Atin. Sosok berusia 54 tahun itu mengaku pada bulan Ramadhan pengunjung mulai ramai berdatangan.

Baca Juga: Hasil Survei Marketplace Pilihan Seller di Ramadan 2023: Penjual Dapat Omzet dan Keuntungan Terbanyak
 
"Selama puasa enam hari lumayan daripada sebelum Ramadhan, karena kalo Ramadhan kan makanan libur otomatis larinya ke mainan. Mayoritas pembelinya juga buat didagangin lagi, karena kan disini juga murah," ujar Atin.
 
Diketahui, proyek jalan Tol Becakayu menggusur lapak pedagang mainan di Pasar Gembrong. Penggusuran itu membuat pedagang mainan pindah ke lokasi baru yaitu Cipinang Besar, Jatinegara, Jakarta Timur.

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x