KPK Belum Lahir, Ini Daftar Kasus Korupsi Besar di Indonesia  

- 8 April 2023, 12:50 WIB
Belum Ada KPK, Ini Daftar Kasus Korupsi Besar di Indonesia
Belum Ada KPK, Ini Daftar Kasus Korupsi Besar di Indonesia /Pixabay

 

KabarDKI.com - Adanya kasus korupsi selalu menjadi momok di negeri ini, berderet kepala daerah, anggota DPRD, hingga menteri tertangkap tangan sedang melakukan transaksi haram. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selaku badan hukum sudah melakukan banyak operasi tangkap tangan (OTT).

Sepanjang 2022 kasus korupsi yang ditangani KPK ada 36 kasus dengan 150 tersangka. Bahkan lembaga antirasuah itu menyebutkan telah melakukan 87 operasi tangkap tangan (OTT) dengan tersangka awal sebanyak 327 orang sepanjang 2015-2019, operasi ini paling banyak dilakukan pada 2018, yakni sebanyak 30 kasus dengan 121 tersangka.

Kasus korupsi sudah menjadi bahaya laten, meski adanya OTT KPK. Bagaimana tidak, korupsi telah merajalela sejak masa dahulu, lantas bagaimana penanganan penyelewengan saat KPK belum lahir?

 Baca Juga: Terima Suap 26,1 Miliar, Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil Ditetapkan sebagai Tersangka oleh KPK

Ada beberapa daftar kasus korupsi besar di Indonesia sebelum lahirnya KPK bersumber dari Tajuk-tajuk Mochtar Lubis di harian Indonesia Raya: Korupsi dan Ekonomi, Ekspres Volume 1 Issues 3-25 tahun 1970, Bisnis Militer Mencari Legitimasi dan Tim ICW.

4 Kasus Korupsi Besar di Indonesia Sebelum KPK Lahir


1. Kasus Coopa

Presiden Soeharto.
Presiden Soeharto. Antara Foto

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x