KKP Jemput Bola Buka Layanan Pengurusan NIB dan Kusuka ke Pedagang Ikan Muara Baru

- 28 Mei 2023, 10:41 WIB
KKP Jemput Bola Buka Layanan Pengurusan NIB dan Kusuka ke Pedagang Ikan Muara Baru
KKP Jemput Bola Buka Layanan Pengurusan NIB dan Kusuka ke Pedagang Ikan Muara Baru /Dok.KKP

KabarDKI.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membuka layanan jemput bola bagi para pedagang ikan di pasar ikan modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara, untuk mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) dan kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka). KKP menyediakan pendampingan penerbitan perizinan secara gratis hingga 31 Mei 2023.

"Kita lakukan pendekatan edukatif dengan menyampaikan pentingnya memiliki perizinan berusaha," terang Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDS), Budi Sulistiyo melalui keterangan tertulisnya.

Budi mengungkapkan edukasi langsung ke pedagang dimulai dengan penjelasan manfaat memiliki NIB serta Kusuka. Dikatakannya, NIB layaknya NIK bagi usaha yang berfungsi sebagai identitas usaha. Dengan identitas tersebut, pedagang bisa mengakses pembiayaan hingga mengurus perizinan lainnya.

 Baca Juga: KKP Ajak Pembudidaya Manfaatkan Bahan Baku Lokal Jadi Pakan Ikan Mandiri

Kemudian Kusuka bermanfaat agar para pedagang bisa mengakses bantuan atau program KKP. "Sama halnya NIK (KTP), mau nikah, buka rekening dan sebagainya kita pakai NIK. Nah, NIB dan Kusuka ini perizinan dasar yang fungsinya seperti itu tapi ini untuk usaha," jelas Budi.

Dalam kesempatan ini, Budi menggandeng KPP Pajak Pratama Jakarta Penjaringan, PTSP Jakarta Utara guna melakukan sosialisasi serta edukasi terhadap para pedagang. Dia berharap sinergitas ini menunjukkan kepada para pedagang bahwa pemerintah hadir sekaligus mendampingi para pedagang di PIM Muara Baru.

"Kita bersinergi di lapangan dan kita mendampingi proses perizinan para pedagang sampai tuntas," katanya.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x