Pohon Hayat Resmi Jadi Logo Ibu Kota Negara, Ini Arti dan Filosofinya

- 30 Mei 2023, 23:12 WIB
Logo Ibu Kota Negara Resmi Gunakan Pohon Hayat, Ini Arti dan Filosofinya
Logo Ibu Kota Negara Resmi Gunakan Pohon Hayat, Ini Arti dan Filosofinya /IKN

KabarDKI.com - Pohon Hayat secara resmi jadi logo Ibu Kota Negara (IKN) usai mendapatkan voting tertinggi. Pengumuman ini diumumkan Presiden Jokowi atau Joko Widodo saat peluncuran logo IKN di Istana Negara, Jakarta, Selasa 30 Mei 2023.

Logo Pohon Hayat IKN merupakan karya dari Aulia Akbar yang mengambil tema filosofi pohon kehidupan. Ia mendapatkan voting terbanyak dengan 26,6 persen, diikutip karya Agra Satria (25,7 persen), Dimas Fakhruddin (17,7 persen), Wildan Ilham (15,9 persen) terakhir Ismiaji Cahyono (14,1 persen).

Baca Juga: Sebelum Pilih, Yuk Kenali 5 Fakta Logo IKN dan Nama Pembuatnya

“Logo yang terpilih bertema pohon Hayat yang di desain oleh Aulia Akbar. Pohon Hayat adalah pohon kehidupan dan kita semuanya berharap logo pohon hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya, yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya,” kata Jokowi.

Logo Pohon Hayat memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, sebagai bangsa yang besar, bangsa yang majemuk dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan juga lingkungan beserta ekosistemnya.

“Hal ini memperkuat ikhtiar usaha kita bersama untuk berkontribusi bagi percepatan pembangunan ibukota Nusantara kita, ibukota masa depan Indonesia,” jelas Presiden Jokowi.

Jokowi yakin, IKN akan tumbuh seperti ibu kota negara lainnya di dunia yang terpisah dengan kegiatan kota metropolisnya, seperti Amerika Serikat New York dan Washington DC, lalu Australia Sydney, ada Canberra.

“Di sini (Indonesia) ada Jakarta dan ada Nusantara. Jadi ini negara besar, negara besar, bangsa besar,” papar Jokowi.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x