Jelang Idul Adha, Dinas KPKP DKI Jakarta Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Kurban

- 4 Juni 2023, 12:54 WIB
Jelang Idul Adha, Dinas KPKP DKI Jakarta Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Kurban
Jelang Idul Adha, Dinas KPKP DKI Jakarta Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Kurban /ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

KabarDKI.com - Demi mengamankan hewan kurban jelang Idul Adha 1444 Hijriah, Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah tempat penampungan atau penjualan.

"Sudah dimulai akhir Mei 2023, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban di tempat penampungan atau penjualan hewan kurban di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Dinas KPKP DKI Suharini Eliawati di Jakarta, Minggu 4 Juni 2023.

Kegiatan ini dilakukan Dinas KPKP DKI Jakarta dalam rangka menjamin kesehatan dan keamanan masyarakat dalam berkurban serta mencegah penyakit hewan menjelang Idul Adha pada akhir Juni 2023.

Baca Juga: KPKP Jakarta Barat Lakukan Pengecekan Stok dan Harga Pangan, Ditemukan Harga Daging dan Telur Naik


"Penilaian kelayakan tempat penampungan atau penjualan hewan kurban terkait fasilitas penunjang seperti atap peneduh, pagar pengaman, kandang karantina dan isolasi, penampungan limbah serta area disposal juga menjadi poin pengawasan petugas," kata Suharini.

Selain itu, petugas juga melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dengan pemilik atau penjual hewan kurban terkait pencegahan penularan penyakit hewan, penerapan "biosecurity" (keamanan hewan) dan pelaporan jika ditemukan adanya dugaan kasus penyakit hewan menular.

Adapun antisipasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas KPKP DKI Jakarta dalam meninjau tempat penjualan hewan kurban tersebut sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 17 Tahun 2023 untuk prosedur lalu lintas hewan kurban yang masuk ke wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga: Perumda Dharma Jaya Buka Gerai Daging di Transmart Buaran dan Cempaka Putih Jelang Idul Fitri 1444 H

"Dinas KPKP telah melaksanakan sosialisasi dan koordinasi dengan dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan serta pejabat otoritas veteriner daerah pemasok hewan kurban," ujar Suharini.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x