Jateng dan Jatim Termasuk 16 Provinsi di Indonesia Terancam Miskin, Gus Imin Desak Pemerintah Beri Perhatian

- 6 Juni 2023, 18:29 WIB
Jateng dan Jatim Termasuk 16 Provinsi di Indonesia Terancam Miskin, Gus Imin Minta Pemerintah Beri Perhatian
Jateng dan Jatim Termasuk 16 Provinsi di Indonesia Terancam Miskin, Gus Imin Minta Pemerintah Beri Perhatian /Dok.DPR

KabarDKI.com - 16 Provinsi di Indonesia terancam masuk pada kategori miskin pada 2024 mendatang. Hal ini dikatakan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dimana termasuk Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY.

Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin meminta Pemerintah memberikan perhatian ekstra adanya 16 Provinsi terancam miskin.

“Fokus pengentasan kemiskinan di 16 provinsi, saya kira perlu ditindaklanjuti. Laporan Bappenas ini cukup menjadi acuan bahwa pengentasan kemiskinan masih jadi pekerjaan rumah kita bersama,” kata Gus Imin di Jakarta, pada Selasa 6 Juni 2023.

Baca Juga: 5 Petahana Caleg PKB Berebut Kursi DPRD DKI Jakarta

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan bahwa pemerintah perlu melakukan pemetaan daerah di 16 provinsi yang masuk kategori miskin secara terukur, sehingga segala upaya pengentasan kemiskinan dapat difokuskan ke wilayah tersebut.

“Dari 16 provinsi tentunya perlu dipilah lagi Kabupaten/Kota atau bahkan Kecamatan atau Desa mana yang memerlukan penanganan khusus. Nah ini perlu dilakukan di awal, jadi lebih terukur dan tentunya harapan saya tepat sasaran,” papar Gus Imin.

Legislator Dapil Jawa Timur VIII ini juga meminta Pemerintah melakukan riset penyebab kemiskinan di 16 provinsi tersebut, seperti dari segi kualitas pendidikan, ekonomi, kesehatan.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x