Hari Laut Sedunia Diperingati 8 Juni, Ini Sejarah dan Pembentukannya

- 8 Juni 2023, 14:03 WIB
Hari Laut Sedunia Diperingati 8 Juni, Ini Sejarah dan Pembentukannya
Hari Laut Sedunia Diperingati 8 Juni, Ini Sejarah dan Pembentukannya /Unsplash

KabarDKI.com - Hari Laut Sedunia diperingati tiap 8 Juni, untuk tema tahun ini "Planet Ocean: tides are changing" atau "Planet Ocean: pasang surut berubah".

Dalam perayaan Hari Laut Sedunia 2023 terdapat sejumlah pihak yang ikut berpartisipasi untuk mendukung "manusia yang berupaya melindungi laut".

Yang ikut dalam perayaan Hari Luat Sedunia yaitu PBB, ilmuwan, eksekutif sektor swasta, masyarakat sipil, selebritas hingga aktivis muda.

Baca Juga: Hasilkan Komoditas Ekspor, KKP Siapkan Pembudidaya Ikan Nila dan Rumput Laut

Diketahui, laut menyumbang lebih dari 70% planet yang merupakan sumber kehidupan makhluk hidup di bumi baik sebagai pendukung makanan hingga setiap organisme lain di bumi.

Selain itu, laut menghasilkan setidaknya 50% oksigen dengan berbagai keanekaragaman hayati dan sebagai sumber protein utama di dalamnya. Karena itu, laut menjadi salah satu kunci ekonomi dengan perkiraan 40 juta orang bekerja di industri berbasis laut.

Sayangnya kondisi laut saat ini tidak seimbang dengan berbagai manfaat yang diberikan. Dimana perlu adanya dukungan manusia untuk merawat laut agar tetap terjaga.

Menukil dari laman United Nations, saat ini 90% populasi ikan besar habis dan 50% Terumbu Karang hancur akibat keserakahan manusia yang mengambil manfaat laut dengan cara yang tidak benar.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x