Rumah Sakit Terapung KM Laksamana Malahayati Diresmikan Megawati

- 10 Juni 2023, 17:08 WIB
Rumah Sakit Terapung KM Laksamana Malahayati Diresmikan Megawati
Rumah Sakit Terapung KM Laksamana Malahayati Diresmikan Megawati /Antara

KabarDKI.com - Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri meresmikan sebuah rumah sakit kapal terapung yang diberi nama KM Laksamana Malahayati di Dermaga Kade Inggom VVQ9+5M6, Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu 10 Juni 2023.

Rumah sakit kapal terapung KM Laksamana Malahayati, akan berkeliling ke daerah-daerah pesisir di barat Indonesia sampai akhirnya sandar di dermaga Pelabuhan Malahayati, Aceh Besar, Aceh, kata Megawati.

"Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirahim, Kapal Laksamana Malahayati ini saya luncurkan," kata Megawati saat acara peresmian.

Baca Juga: Megawati Jatuhkan Pilihan Capres ke Ganjar Pranowo Lewat Sebuah Kopiah 

Upacara peresmian dan peluncuran KM Laksamana Malahayati dihadiri oleh sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kepala Pusat Kesehatan TNI Mayjen TNI dr. Guntoro yang mewakili Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol. Mohammad Fadil Imran.

Dalam rangkaian upacara, beberapa pejabat memberi sambutan, dan kegiatan juga dimeriahkan dengan pemecahan kendi dan peninjauan langsung oleh Megawati beserta rombongan ke dalam kapal.

Dalam sambutannya, Megawati mengaku terinspirasi dari sosok Laksamana Malahayati yang merupakan pahlawan nasional asal Aceh. Dia mendapatkan gelar itu sejak 2017 berkat keberanian dan kegigihannya melawan angkatan perang penjajah kolonial Hindia Belanda.

KM Laksamana Malahayati merupakan kapal yang memiliki panjang 30 meter dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas/layanan kesehatan, termasuk ruang operasi kecil, ruang operasi besar, ruang tunggu, ruang pasca-operasi, dan ambulans kapal.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x