DPRD DKI Jakarta Usul Ada Pansus untuk Telusuri Perencanaan dan Pembangunan JIS

- 10 Juli 2023, 15:15 WIB
JIS Dinilai Layak untuk Gelar Piala Dunia U-17
JIS Dinilai Layak untuk Gelar Piala Dunia U-17 /Antara

KabarDKI.com - Polemik masalah Jakarta Internasional Stadium (JIS) untuk digunakan pada Piala Dunia U-17 2023 kian menghangat. Melihat hal ini, anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo mengusulkan adanya Pansus untuk menelusuri dugaan kesalahan pada pembangunan stadion berkapasitas 82 ribu itu.

"Audit total dari aspek perencanaan maupun pembangunannya. Bentuk Pansus jika dipandang perlu," kata Dwi di Jakarta, Senin 10 Juli 2023.

Rio mengatakan proses pembangunan JIS patut dipertanyakan, lantaran tidak sesuai dengan desain perusahaan jasa desain, rekayasa, dan konsultasi asal Inggris, Buro Happold Limited selaku konsultan perencana.

Baca Juga: JIS Dipersiapkan untuk Piala Dunia U-17, Jakpro Sebut Momentum Tambah Ilmu

Padahal, perusahaan tersebut dipakai oleh PT. Jakarta Konsultindo untuk berkonsultasi mengenai desain JIS. Pemakaian jasa Buro Happold dengan harapan stadion JIS bisa sesuai dengan standar FIFA.

Namun demikian, Rio melihat pembuatan JIS pada kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang telah dianjurkan Buro Happold. Maka dari itu, Rio tidak heran jika JIS belum memenuhi standard FIFA sehingga dinyatakan tidak layak untuk menggelar Piala Dunia U-17.

"Tidak mengherankan jika banyak sekali kekurangan fasilitas stadion JIS dan jauh dari standar internasional sebagaimana mestinya," kata Rio.

Sebelumnya, PT Jakarta Konsultindo menggandeng Buro Happold Limited sebagai jasa konsultasi untuk membangun JIS. Buro Happold lantas memberikan hasil rekomendasi kepada PT Jakarta Konsultindo.

Dari keterangan pers Buro Happold yang beredar, lingkup pekerjaan Bulo Happold hanya mencakup persiapan pembuatan panduan desain (preparation of concept design guide), penilaian teknis dan komersial (technical and commercial assessment), konsep rencana induk untuk area di sekitar stadion (concept masterplan for the surrounding area), serta peta jalan implementasi proyek (implementation roadmap).

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah