BKI Kerjasama dengan Badak LNG di Bidang Sertifikasi Perkapalan

- 12 Juli 2023, 18:15 WIB
PT Biro Klasifikasi Indonesia Prakarsai Kerjasama di Sertifikasi Perkapalan Bareng BADAK LNG
PT Biro Klasifikasi Indonesia Prakarsai Kerjasama di Sertifikasi Perkapalan Bareng BADAK LNG /

KabarDKI.com – PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau "BKI" sebagai BUMN induk Holding IDSurvey sekaligus satu-satunya Badan Klasifikasi nasional milik negara prakarsai kerjasama bidang sertifikasi perkapalan dan pengembangan sumber daya dengan PT Badak Natural Gas Liquefaction atau Badak LNG. Badak LNG sendiri merupakan perseroan terbatas yang terafiliasi PT Pertamina (Persero).

Melalui penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara Direktur Operasi IDSurvey / BKI R. Benny Susanto dengan Direktur Utama Badak LNG Gema Pahalawan yang dilakukan di Bali (12/07) disepakati beberapa kesepakatan antara lain dalam bidang kerjasama survey kapal kelas BKI dan pengembangan sumber daya manusia, serta jasa komersil lainnya yang dimiliki BKI.

Baca Juga: Cara Meningkatan SDM Indonesia, Salah Satunya Lewat Konsep Triple Skilling, Berikut Penjelasannya

Manajemen BKI dan Badak LNG turut menyepakati untuk melakukan kolaborasi dalam pengembangan bisnis bersama yang sewaktu-waktu dapat membentuk Kerja Sama Operasi (KSO), Joint Venture (JV) atau bentuk entitas kerja sama lainnya, yang menggabungkan keunggulan masing-masing sehingga bermanfaat bagi kegiatan bisnis yang ada saat ini dan/atau bisnis baru yang disepakati nantinya.

Direktur Operasi IDSurvey dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terlaksananya tindak lanjut ini. “Bagi BUMN, penting adanya sinergi. Sinergi ini harus kita dukung juga dengan pemberian kepastian atas kualitas pekerjaan yang diberikan, ini penting juga sebagai pembuktian pentingnya sinergi antar BUMN sebagaimana yang dilakukan BKI dan Badak LNG ini. Langkah kita ini harus bisa memberikan nilai tambah, apakah dari sisi efisiensi ataupun sisi lainnya” ungkap R. Benny Susanto.

Pada kesempatan ini Direktur Operasi IDSurvey menekankan bahwa sekarang ini adalah eranya berfikir kolaborasi, dimana kedepannya harus ada pertemuan lanjutan baik di BKI ataupun di Badak. Tindak lanjut yang realistis tidak kalah penting untuk diperhatikan oleh seluruh Tim Kerja BKI dan Badak LNG.

President Director & CEO Badak LNG Gema Iriandus Pahalawan menyambut baik penandatanganan HoA ini dengan harapan terbukanya banyak peluang kerjasama di masa mendatang. Ia menyampaikan kegiatan penandatanganan HoA ini merupakan tindak lanjut kongkrit antara Badak LNG dan BKI. Manajemen Badak LNG mengharapkan center of excellent dari Badak LNG juga bisa dikembangkan dan semakin kuat dengan bantuan dari BKI. Kerjasama bukan hanya teknis, namun juga dalam pengembangan expertise.

“Tentu kita berharap sama-sama bisa melakukan tugas sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Tugas kita juga sebagai keluarga BUMN untuk bersinergi. Selama ini mungkin kita berpikir sinergi hanya dalam kebutuhan di salah satu pihak, tapi saya harap kita bisa lebih dari itu, kita bisa menciptakan win-win solution. Di Badak LNG ini banyak expertise yang justru dikenal di luar negeri, namun dalam negeri masih kurang gaungnya. Kita harap kerjasama dengan BKI bisa membawa hal yang lebih baik. Ayo kita susun rencana kerja 5 tahun kedepan yang dapat memberi manfaat untuk PT Badak dan juga BKI tentunya” sambut President Director & CEO Badak LNG

Pasca penandatangan HoA ini diproyeksikan akan banyak kesepakatan lanjutan dalam aspek komersial, aspek teknis, dan aspek lainnya yang disusiakan dengan kebutuhan pihak BKI serta Badak LNG. Untuk diketahui, penandatanganan HoA ini merupakan tindak lanjut atas penandatangan MoU antara BKI dan Badak LNG yang telah terlaksana pada 9 Juni 2023 lalu di Bontang, Kalimantan Timur yang juga dihadiri oleh Direktur Operasi IDSurvey R. Benny Susanto dengan Direktur Utama Badak LNG Gema I. Pahalawan serta jajaran pejabat BKI dan Badak LNG lainnya.

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah