3 Bacapres Adu Gagasan di Rakernas APEKSI Makassar

- 13 Juli 2023, 23:40 WIB
3 Bacapres Adu Gagasan di Rakernas APEKSI Makassar
3 Bacapres Adu Gagasan di Rakernas APEKSI Makassar /Humas Kominfo Makassar/Chanelsulsel

KabarDKI.com - Tiga bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranawo adu gagasan ketika menghadiri kegiatan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-XVI di Upper Hills di Jalan Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 13 Juli 2023.

Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Rasyid Baswedan menyampaikan bahwa Apeksi tidak terkait dengan pencalonan, melainkan organisasi Wali Kota dengan diisi orang-orangnya sudah berpengalaman.

"Saya sampaikan, saya tidak menggarami laut, di sini semua adalah wali kota berpengalaman. Yang saya sampaikan tadi bagaimana sikap dan masa depan kita akan punya penduduk banyak di kota dari pada di desa, sehingga perlu perencanaan lebih komprehensif," kata Anies Baswedan usai pemaparan di Rakernas tersebut.

Baca Juga: Pasangan Anies Baswedan-Yenny Wahid, Pengamat Nilai Potensi Kemenangannya Besar

Selain itu, kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini, perencanaan pembangunan kota mesti sesuai dengan kondisi perkotaan. Bila tidak, maka akan menjadi masalah yang sama, seperti masalah polusi udara, sampah, hingga ketimpangan sosial. Oleh karena itu, harus disiapkan dari sekarang.

Saat ditanyakan terkait gagasannya akan membentuk lembaga tersendiri khusus dalam hal menangani sejumlah persoalan di perkotaan seperti yang disebutkan dalam pemaparannya, kata dia, itu akan dijalankan nantinya.

"Jadi, ada badan khusus nantinya, namanya kementerian atau badan. Tapi, tujuannya adalah yang mengakomodinir terkait urusan perkotaan. Hari ini belum ada menangani perkotaan, tapi hanya pedesaan (Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi)," tuturnya.

Sementara itu, bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto menyampaikan bahwa rekomendasi yang dilahirkan dalam Rakernas Apeksi tersebut adalah pemikiran yang jelas. Ada usul-usul yang jelas, pemikiran strategis yang sangat bermanfaat untuk dikaji nanti oleh timnya.

Berkaitan dengan persoalan penataan dan pencitraan kota, kata dia, masukan-masukan tersebut akan ditampung dan dikaji lebih dalam untuk mendapatkan solusinya dengan menyerahkan kepada tim terkait citra perkotaan.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x