Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan Sementara, Ini Alasannya

- 17 Juli 2023, 11:39 WIB
Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan Sementara, Ini Alasannya
Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan Sementara, Ini Alasannya /pmjnews.com

KabarDKI.com - Uji coba LRT Jabodebek dihentikan sementara oleh pemerintah, sebelumnya dijadwalkan pada 17-20 Juli 2023. Keputusan ini diambil Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan Rapat Evaluasi pada Sabtu 15 Juli 2023.

"Pada umumnya uji coba berjalan lancar. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk perbaikan termasuk penyempurnaan pada sistem software," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal Senin 17 Juli 2023.

Baca Juga: LRT Edukasi Masyarakat Lewat Warna-Warni Jakarta

LRT Jabodebek dihentikan sementara karena adanya pembaharuan software, lalu akan dilakukan Trial Run sebelum dibuka kembali untuk umum. Langkah ini dilakukan guna memastikan uji coba selanjutnya berjalan lancar.

"Kami akan lakukan Trial Run pada 21-23 Juli ini, lalu dilanjutkan dengan Uji Coba Operasional terbatas lagi untuk undangan pada 25 Juli dan umum pada 29 Juli," jelas Risal.

Sebelumnya, uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek ini mengarah pada komunitas, media hingga Kementerian/Lembaga. Namun, adanya keputusan baru ini maka mulai hari ini dan tiga hari ke depan uji coba ditunda.

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Minta Pemkot Jaktim Gencar Sosialisasi Pembangunan LRT Halim

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat penundaan ini, semoga segala sesuatunya berjalan dengan baik sehingga masyarakat dapat segera mencoba LRT Jabodebek," papar Risal.

Sekadar informasi, LRT Jabodebek akan beroperasi sebanyak 560 perjalanan dalam sehari di hari kerja, dengan headway atau waktu tunggu kedatangan kereta rata-rata 3-6 menit.***

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah