Pemilu 2024, KPU DKI Jakarta Siapkan Surat Suara Braille bagi Tuna Netra

- 19 Juli 2023, 19:14 WIB
Pemilu 2024, KPU DKI Jakarta Siapkan Surat Suara Braille bagi Tuna Netra
Pemilu 2024, KPU DKI Jakarta Siapkan Surat Suara Braille bagi Tuna Netra /ANTARA/

KabarDKI.com - Pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyiapkan surat suara dilengkapi huruf braille bagi tuna netra.

"Surat suara untuk pemilih disabilitas sensorik netra nanti dibuat huruf awas dan huruf braille yang tegas dan dapat diraba oleh jari," kata anggota KPU DKI Jakarta sekaligus Ketua Divisi Data dan Informasi Fahmi Zikrillah di Jakarta, Rabu 19 Juli 2023.

Fahmi menuturkan salah satu fasilitas itu diharapkan bisa membantu pemilih disabilitas, khususnya tuna netra untuk bisa menyalurkan hak suaranya. Terkait jumlah yang akan disiapkan, pihaknya masih menunggu keputusan bersama KPU pusat.

Baca Juga: KPU DKI Jakarta Akan Umumkan Perbaikan Berkas Bacaleg

Ia menambahkan, berdasarkan data dari KPU DKI hingga Juli 2023, tercatat Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 berjumlah 8.252.897 pemilih. Dari total keseluruhan 8,2 juta jumlah pemilih tersebut, 61.747 diantaranya merupakan penyandang disabilitas.

"Rinciannya yakni disabilitas fisik sejumlah 24.197 pemilih, disabilitas mental sejumlah 22.871 pemilih, sensorik wicara sejumlah 8.935 pemilih, sensorik netra sejumlah 3.958 pemilih, disabilitas intelektual sejumlah 1.051 pemilih dan sensorik rungu sejumlah 735 pemilih," katanya.

Harapan Fahmi, dengan adanya fasilitas yang tersedia bagi disabilitas maka hak suara dari mereka bisa tersampaikan dalam memilih calon pemimpin di masa depan.

Baca Juga: Bikin Bingung KPU, Aldi Taher Maju ke DPRD dan DPR RI dengan Partai Berbeda

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI bersinergi menyerap pemilih yang belum memiliki KTP elektronik (KTP-el) menjelang Pemilu 2024.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x