Iron Dome Israel Dikenal Canggih, tapi Kok Bisa Ditembus Roket Hamas ?

- 11 Oktober 2023, 08:02 WIB
Iron Dome Israel Dikenal Canggih, tapi Bisa Ditembus Hamas kok Bisa?
Iron Dome Israel Dikenal Canggih, tapi Bisa Ditembus Hamas kok Bisa? / REUTERS/Amir Cohen.

KabarDKI.com - Iron Dome Israel dikenal canggih karena merupakan sistem pertahanan anti-rudal. Namun benteng udara ini menjadi sorotan setelah dihujani rentetan roket Hamas pada Sabtu 7 Oktober 2023 waktu setempat.

Mantan Kepala Badan Intelijen Mossad Efraim Halevy mengatakan serangan Hamas yang berhasil menembus Iron Dome Israel ini akibat 'kecolongan'. Ia mengaku terkejut dengan rentetan roket Hamas yang mampu menembus.

"Kami tak mendapat peringatan apa pun, dan sungguh mengejutkan bahwa perang pecah hari ini," kata Halevy dikutip dari 9News.

Baca Juga: AHY: Konflik Hamas-Israel Akan Terus Berlanjut Jika Akar Permasalahan Tak Diselesaikan

Halevy mengaku jumlah roket yang ditembakkan Hamas berada di skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Disebut, ini kali pertama serangan dari Palestina menembus jauh ke wilayah Israel.


Apa Itu Iron Dome Israel

Iron Dome Israel merupakan salah satu sistem pertahanan udara paling efektif di dunia. Sistem ini dirancang untuk merespons ancaman jarak pendek dari Gaza dan Lebanon selatan, dan telah menangkis ribuan roket sejak mulai beroperasi pada 2011 silam.

Kementerian Pertahanan Israel mengklaim Iron Dome mampu menangani berbagai ancaman secara bersamaan, dengan tingkat keberhasilan hingga 90 persen. Namun intensitas rentetan roket dari militan Hamas dalam serangan mendadak beberapa waktu lalu berhasil membuat sistem ini kewalahan.

Diketahui, sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel dikembangkan oleh Rafael Advanced Defence Systems milik Israel, dengan sokongan dari Amerika Serikat (AS) guna melawan ancaman seperti roket, mortir, dan pesawat tak berawak.

Iron Dome Israel terdiri dari tiga elemen utama, yakni peluncur dan penangkalnya, radar multi-misi berbasis darat, dan sistem kontrol.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah