Fenomena Awan Berbentuk Mirip Ubur-ubur Terjadi di Langit Florida

- 5 Maret 2024, 09:25 WIB
Awan Cavum (Foto: Akun Tiktok @Blacktiph)
Awan Cavum (Foto: Akun Tiktok @Blacktiph) /

KabarDKI.com - Seorang pengguna TikTok yang juga pemancing profesional @blacktiph merekam sebuah fenomena aneh di langit Florida. Pada rekaman videonya, ia menunjukkan bentuk awan yang tak lazim mirip ubur-ubur.

Video yang sudah ditonton sebanyak 6,3 juta kali tersebut memunculkan spekulasi apakah itu ulah makhluk seperti Alien? atau itu jejak bekas UFO?

Mengutip dari Daily Mail, bentuk awan tersebut bukan karena alien atau UFO, melainkan terbentuk karena pesawat terbang yang telah melintasi wilayah tersebut.

@blacktiph Has anyone seen clouds like these before? We were fishing off Key West #strange #weather #clouds ♬ Stranger Things - Kyle Dixon & Michael Stein

Satelit NASA pada akhir Januari lalu juga sempat merekam fenomena awan yang sama. Awan ini disebut awan Cavum, yang tercipta karena gerakan baling-baling yang pesawat yang telah mengubah tekanan dan menciptakan pusaran turbulen udara.

Akibat proses tersebut, terjadilah nukleasi es homogen yang meninggalkan kekosongan di lapisan awan. Hal itu membuat sebuah efek visual seperti seolah awan menciptakan lubang dan berbentuk mirip ubur-ubur.***

Editor: Endah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah