BPBD Sebut Tiga Wilayah yang Bisa Jadi Sumber Gempa di Jakarta

- 29 April 2024, 18:05 WIB
Ilustrasi gempa megathrust.
Ilustrasi gempa megathrust. /ElsvanderGun/

KabarDKI.com - Belakangan kekhawatiran bakal adanya gempa besar di Jakarta merebak di sosial media. Hal tersebut memang bukan isapan jempol belaka, sebab menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, ada tiga sumber ancaman gempa di Jakarta.

Istilah megathrust akhir-akhir ini memang sering disebut-sebut karena kemungkinan bakal terjadi di Jakarta dan Jawa Barat. BPBD sendiri tak menampik hal tersebut karena memang ada zona megathrust di beberapa daerah yang bakal berdampak ke Jakarta.

Baca Juga: Sejumlah Bangunan di Berbagai Wilayah Rusak dan Rubuh Akibat Gempa Garut

"Tiga ancaman itu, yakni zona megathrust di selatan Jawa Barat, zona megathrust di selatan Selat Sunda dan sesar aktif di daratan," ujar Ketua Subkelompok Urusan Pencegahan BPBD DKI Jakarta, Rian Sarsono, seperti dikutip dari Antara.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah melakukan program evaluasi pada ketangguhan gedung bertingkat terhadap gempa bumi. Sejauh ini tiga bencana yang jadi prioritas Pemprov DKI yakni gempa bumi, banjir, dan kebakaran.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6,5 Guncang Barat Daya Kabupaten Garut, Terasa Hingga Jakarta Utara

"Sigap ini melihat non struktural seperti tim tanggap darurat, apakah pernah melakukan simulasi di gedung tersebut, hingga ketersediaan jalur evakuasi yang aman," tukas Rian.***

Editor: Endah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x