Tornado Meluluhlantakkan Kawasan Industri di Guangzhou

- 29 April 2024, 13:00 WIB
Dampak tornado di Guangzou
Dampak tornado di Guangzou /CNS/AFP/Getty Images

KabarDKI.com - Cuaca ekstrim terjadi di Kota Guangzhou, China selama lebih dari sepekan. Terbaru, tornado menghantam kawasan industri yang ada di Guangzhou, menghancurkan 140 pabrik dan menewaskan lima orang.

Menurut informasi yang dikutip dari The Guardian, tornado menghantam Ibu Kota Provinsi Guangdong tersebut pada Sabtu 27 April 2024. Kendati ada banyak pabrik yang terkena dampaknya, namun belum ada laporan tentang dampak pada rumah penduduk.

Berbagai petugas dari departemen kebakaran, cuaca, perairan, hingga kesehatan dikirim langsung ke lokasi untuk membantu yang terdampak selepas insiden tornado.

Bangunan rubuh akibat tornado di Guangzhou
Bangunan rubuh akibat tornado di Guangzhou AFP/Getty Images

Sebelum tornado, Provinsi Guangdong juga mengalami banjir besar yang menewaskan empat orang. Banjir tersebut merupakan yang terburuk yang pernah terjadi di provinsi tersebut sejak 1950an.

Sebenarnya tornado bukanlah fenomena alam yang sering terjadi di China. Pada 2023 di Jiangsu, badai besar menghantam dan menewaskan 10 orang. Badai besar yang merupakan dampak dari angin topan Haikui itu juga menyebabkan tanah longsor. Lalu pada 2021 dua tornado terjadi di China dalam satu hari, menewaskan 12 orang, 8 di antaranya di Wuhan.***

Editor: Endah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x