Mengenang Kembali Perjuangan Demokrasi, Aliansi Demokrasi Rakyat Gelar Peringatan 25 Tahun Reformasi

- 21 Mei 2023, 14:11 WIB
Mengenang Kembali Perjuangan Demokrasi, Massa Aldera Gelar Peringatan 25 Tahun Reformasi
Mengenang Kembali Perjuangan Demokrasi, Massa Aldera Gelar Peringatan 25 Tahun Reformasi /IST

KabarDKI.com - Sebuah massa Aliansi Demokrasi Rakyat (Aldera) lakukan long march untuk memperingati 25 tahun reformasi yang dipusatkan di gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu 21 Mei 2023. Barisan massa Aldera menggaungkan konstitusi harga mati dalam aksi ini.

Sekjen Aldera, Pius Lustrilanang melepas massa yang berkumpul di lapangan bola gedung DPR/MPR pada pukul 06.30 WIB, dengan memulai jalan santai sekaligus napak tilas peristiwa unjuk rasa terbesar yang dilakukan elemen mahasiswa di gedung DPR/MPR pada 21 Mei 1998 silam.

Rute long march peringatan 25 tahun reformasi ini yaitu massa Aliansi Demokrasi Rakyat keluar dari pintu belakang DPR/MPR, massa Aldera melintasi Jalan Lapangan Tembak menuju Jalan Gerbang Pemuda. Kemudian masuk kembali ke dalam gedung DPR/MPR melalui Jalan Gatot Subroto.

Baca Juga: Jefri Nichol Demo Tolak UU Cipta Kerja Bersama Mahasiswa di Depan DPR

Pius beserta para aktivis Aldera dan Roemah Djoeang turut serta dalam kegiatan jalan santai 25 tahun reformasi bertajuk 'Reformasi Memanggil'. Ia menyebut long march napak tilas ke gedung DPR/MPR karena rumah para wakil rakyat ini sangat memiliki sejarah dalam peristiwa reformasi.

"Karena di sinilah tempat bersejarah di mana ribuan mahasiswa menduduki DPR/MPR 25 tahun yang lalu, yang menandai keberhasilan reformasi, ditandai dengan pidato Presiden Soeharto menyatakan berhenti dari jabatannya. Ini napak tilas sejarahnya," ujar Pius dalam keterangannya kepada awak media.

 Baca Juga: Mahasiswa Demo di Depan Gedung DPR RI Tolak UU Cipta Kerja

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah