PayerMax Raih Lisensi dari Bank Indonesia, Siap Integrasikan Metode Pembayaran di Indonesia

- 27 Juni 2023, 21:50 WIB
PayerMax Raih Lisensi dari Bank Indonesia, Siap Integrasikan Metode Pembayaran di Indonesia
PayerMax Raih Lisensi dari Bank Indonesia, Siap Integrasikan Metode Pembayaran di Indonesia /Dok.PayerMax

KabarDKI.com - Sebuah perusahaan fintech berbasis di Singapura, PayerMax, mengumumkan pencapaian penting bagi anak perusahaannya, PT Smart Fintech For You. Perusahaan ini telah berhasil mendapatkan izin dari Bank Indonesia (BI), yang secara resmi menetapkan PayerMax sebagai penyedia layanan pembayaran berlisensi di Indonesia.

Prestasi ini menegaskan keahlian PayerMax dalam keamanan sistem, kepatuhan, dan pengendalian risiko, seperti yang diakui oleh otoritas pengawas. Lisensi ini memungkinkan PayerMax untuk melayani pasar Indonesia yang merupakan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara serta menawarkan layanan pembayaran yang aman, nyaman, dan dapat diandalkan.

Ekonomi digital Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar sehingga PayerMax menjadikannya pasar utama untuk ekspansi. Sebagai negara dengan populasi terbesar di Asia Tenggara, ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai nilai USD 77 miliar pada tahun 2022, meningkat dua kali lipat pada tahun 2025 yang diperkirakan mencapai senilai USD 130 miliar, menurut data dari Google, Temasek, dan Bain Company.

Baca Juga: Sah, Ini Profil Perry Warjiyo yang Terpilih Jadi Gubernur Bank Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan sistem dan infrastruktur pembayaran digital di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat, dengan diluncurkannya sistem QRIS (Standar QR Code Indonesia) yang menyediakan proses transaksi pembayaran yang lebih praktis dan efisien menggunakan kode QR untuk sebagian besar aplikasi perbankan seluler dan penyedia uang elektronik (dompet digital) seperti GoPay, OVO, ShopeePay, dan DANA, serta implementasi Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) yang merupakan infrastruktur untuk mendukung keterhubungan dan interoperabilitas dalam ekosistem pembayaran.

Tantangan yang dihadapi oleh Indonesia sebagai negara kepulauan dengan tingkat populasi yang tidak memiliki akses perbankan yang memadai, telah mendorong pemerintah dan sektor swasta untuk mengembangkan berbagai inovasi dan solusi digital termasuk dalam industri pembayaran.

Perkembangan pesat industri pembayaran telah menciptakan ekosistem yang beragam, produk pembayaran, dan basis pelanggan dengan lembaga perbankan, penyedia uang elektronik (dompet digital), gerai pembayaran offline atau ritel, dan pembayaran operator telekomunikasi yang semua hadir di pasar yang sekarang sudah padat.

Sebagai perusahaan fintech yang mengkhususkan diri dalam menyediakan solusi pembayaran untuk pasar-pasar yang sedang berkembang, PayerMax berkomitmen untuk mengatasi tantangan dalam lanskap pembayaran di Indonesia dan menyediakan solusi bagi ekosistem pembayaran.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah