Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I 2024 Cetak Rekor, Jokowi: Patut Kita Syukuri

- 8 Mei 2024, 09:06 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I 2024 Cetak Rekor, Jokowi: Patut Kita Syukuri
Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I 2024 Cetak Rekor, Jokowi: Patut Kita Syukuri /Dok. BPMI

KabarDKI.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I-2024 cetak rekor, tercatat 5,11 persen secara tahunan (year-on-year). Menanggapi ini, Presiden Jokowi atau Joko Widodo menyampaikan optimisme terhadap kondisi ekonomi nasional yang tumbuh.

Kenaikan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,11 persen ini tumbuhkan optimisme. Terlebih angka tersebut dicapai ketika banyak negara besar mengalami resesi atau penurunan pertumbuhan.

“Negara-negara besar sudah masuk ke jurang resesi, negara lain juga turun growth-nya tapi kita mampu tumbuh di 5,11 persen,” ungkap Presiden Jokowi dikutip dari laman resmi Presiden RI.

Baca Juga: BPS: Inflasi Bulan November Masih Didorong Beras

“Ini saya kira patut kita syukuri karena ini banyak didukung oleh konsumsi, tetapi juga didukung oleh investasi yang terus masuk ke negara kita,” tambahnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I-2024 tercatat 5,11 persen secara tahunan (year-on-year). Pertumbuhan ini merupakan yang tertinggi sejak tahun 2015.

Sementara itu, dalam menghadapi isu penutupan beberapa pabrik manufaktur di dalam negeri, Presiden mengakui bahwa fluktuasi semacam ini adalah bagian dari dinamika pasar yang dipengaruhi oleh kompetisi, efisiensi, dan adaptasi terhadap barang-barang baru.

“Kalau masalah ada pabrik yang tutup, sebuah usaha itu naik turun karena kompetisi, karena mungkin efisiensi, juga karena bersaing dengan barang-barang baru yang lebih inovatif,” jelasnya.

Baca Juga: Soal Usulan 'Presidential Club' dari Prabowo, Begini Kata Jokowi

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah