Tanah Abang Sepi, Ketua DPD Duga Ternyata Ini Biang Keroknya

- 19 September 2023, 09:11 WIB
Tanah Abang Sepi, Ketua DPD Duga Ternyata Ini Biang Keroknya
Tanah Abang Sepi, Ketua DPD Duga Ternyata Ini Biang Keroknya /Jurnal Soreang/jakarta-tourism.go.id

KabarDKI.com - Tanah Abang sepi menjadi pemberitaan media massa akhir-akhir ini. Melihat kondisi ini Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti angkat suara dan menilai pemerintah mesti segera lakukan mitigasi.

Seperti diketahui, dalam sepekan pemberitaan sepinya Pasar Tanah Abang sebagai pusat perkulakan terbesar di Ibu Kota begitu marak. Maklum saja, selama ini sebaran barang Tanah Abang sampai ke seluruh daerah di Tanah Air.

“Pemerintah harus segera melakukan mitigasi dan punya informasi akurat berbasis data. Sepinya ini karena terjadi perubahan pola belanja masyarakat, atau penurunan daya beli masyarakat. Ini penting untuk menentukan kebijakan berikutnya,” ujar LaNyalla.

Baca Juga: Ketua DPD RI: Sudah Seharusnya para Raja dan Sultan serta Masyarakat Adat Duduk di MPR

Tanah Abang sepi juga dinilai oleh Mantan Ketua KADIN Jatim itu bukan perubahan pola belanja dari direct ke online berpengaruh besar. Sebab, sebagian pedagang mengaku sudah menempuh pola penjualan online, dengan menawarkan dagangannya lewat berbagai aplikasi live shop, tapi tetap tidak ada pembeli.

“Saya juga kurang yakin bila penjualan online dari negara lain menjadi sebab utama, seperti barang dari China yang direct to end customer. Sebab sejak tengah semester sampai saat ini China mengalami kelesuan ekonomi dengan penurunan nilai ekspor dan impornya,” paparnya.

Tanah Abang Sepi akibat turunnya daya beli masyarakat

Lantas LaNyalla menduga penurunan daya beli masyarakat menengah ke bawah sebagai pemicu utama. Terlebih lesunya ekspor-impor China, hingga berpengaruh ke 122 negara mitra, termasuk Indonesia.

“Ini harus menjadi fokus mitigasi berbasis data yang akurat. Sebab, banyak variable pembuat penurunan daya beli masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga: Sarwendah Kecewa hingga Ngamuk karena Sepi Penonton Saat Streaming Jualan di TikTok Live

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah