Nihil Kasus Cacar Monyet, Kabupaten Kepulauan Seribu Sosialisasikan Penerapan PHBS

- 30 Oktober 2023, 12:55 WIB
Nihil Kasus Cacar Monyet, Kabupaten Kepulauan Seribu Sosialisasikan Penerapan PHBS
Nihil Kasus Cacar Monyet, Kabupaten Kepulauan Seribu Sosialisasikan Penerapan PHBS /

 

KabarDKI.com-Kasus monkeypox atau cacar monyet (Mpox) di Indonesia sudah terdata, bahkan sudah tersebar di wilayah DKI Jakarta, Tangerang Selatan dan Jawa Barat.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI hingga 29 Oktober 2023, ada sebanyak 24 kasus Mpox di Indonesia yang terdata, hal ini tentunya perlu perhatian masyarakat secara umum, khususnya di Kepulauan Seribu.

Meski masuk wilayah Jakarta, namun Kabupaten Administrasi Jakarta Kepulauan Seribu dipastikan nihil kasus penyebaran Mpox.

Baca Juga: Jakarta Pusat Miliki Klinik Khusus Lansia

“Sejauh ini wilayah Kepulauan Seribu belum ada kasus Mpox, namun penerapan pencegahan tetap dilakukan untuk menghindari penyebaran dan terus kita sosialisasikan,” kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Herwin Meifendi, Senin (30/10/2023).

Seperti diketahui, perkembangan Mpox di Indonesia ditemukan pertama kali pada 20 Agustus 2022 sebanyak satu kasus, kemudian pada 13 Oktober 2023 Indonesia kembali melaporkan kasus Mpox.

Meski masuk dalam salah satu penyakit zoonosis langka, Mpox telah dinyatakan sebagai darurat kesehatan global sejak 23 Juli 2022. Di mana seluruh pihak termasuk seluruh pemangku kebijakan kesehatan dan masyarakat Indonesia untuk bersiap dan waspada dengan penyebaran kasus monkeypox atau cacar monyet, salah satunya dengan mengenal gejala yang ditimbulkan melalui sumber informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: TRANS7 Mengajar Jilid 3 Kini ke Kelurahan Joglo, Jakarta Barat

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah