Jokowi Tinggalkan Tanah Air untuk Hadir di KTT OKI Bahas soal Gaza

- 11 November 2023, 10:56 WIB
Jokowi Tinggalkan Tanah Air untuk Hadir di KTT OKI Bahas soal Gaza
Jokowi Tinggalkan Tanah Air untuk Hadir di KTT OKI Bahas soal Gaza /Dok. Instagram Jokowi

KabarDKI.com - Presiden Jokowi atau Joko Widodo meninggalkan Tanah Air untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi. Hal ini dinilai sangat penting sebagai upaya tambahan menghentikan serangan Israel terhadap bangsa Palestina di Gaza.

Dalam KTT tersebut, para pemimpin negara-negara OKI akan membahas situasi terkini di Gaza, yang menjadi pusat konflik antara Israel dan kelompok Hamas Palestina, sejak 7 Oktober 2023.

"Saya akan pertegas ruang agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar," kata Presiden Jokowi sesaat sebelum bertolak menuju Riyadh.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Palestina di Gaza

Kemudian, usai dari Riyadh, Presiden Jokowi dijadwalkan melanjutkan perjalanan ke Washington DC, Amerika Serikat, pada Minggu (12/11), untuk bertemu Presiden AS Joe Biden keesokan harinya (Senin, 13/11).

Menurut Jokowi, pertemuan bilateral dengan Joe Biden merupakan kesempatan yang baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai Gaza.

"Kunjungan ini merupakan kesempatan yang baik untuk menyampaikan langsung hasil KTT OKI di Riyadh, yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan," tutur Presiden.

Dari Washington DC, Presiden Jokowi yang didampingi delegasi terbatas akan menuju ke San Francisco untuk menghadiri KTT APEC.

Baca Juga: Kondisi Perang Terus Berkecamuk, Panglima TNI Siap Kirimkan Kapal ke Gaza

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah