Mengenal Penyakit Penyerta di Musim Penghujan

- 5 Desember 2023, 08:52 WIB
Dianjurkan untuk segera cuci tangan setelah Anda menyentuh 10 benda ini.
Dianjurkan untuk segera cuci tangan setelah Anda menyentuh 10 benda ini. /Freepik/freepik

 

KabarDKI.com-Memasuki musim hujan, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh masyarakat seperti kesiapan dalam menghadapi potensi bencana yang akan muncul misalnya saja banjir dan tanah longsor.

Tidak hanya itu, kita juga perlu menjaga kondisi tubuh tetap sehat agar terhindar dari berbagai penyakit penyerta musim hujan yang mungkin dapat mengganggu aktivitas harian. 

 Baca Juga: Dua Perusahaan Rusia Serius Berinvestasi di Ibu Kota Nusantara

Musim hujan memiliki keterkaitan dengan beberapa penyakit, dan faktor-faktor lingkungan yang muncul selama periode ini dapat memengaruhi penyebaran dan kejadian beberapa kondisi kesehatan. Penyakit penyerta musim hujan merupakan penyakit yang umumnya memiliki risiko untuk muncul atau meningkat selama musim hujan. 

Kementerian Kesehatan RI menjelaskan beberapa faktor yang berkontribusi terhadap munculnya penyakit penyerta selama musim hujan meliputi kelembapan tinggi, genangan air, perubahan suhu tubuh dan cuaca, penyebaran vektor penyakit, kondisi lingkungan yang tidak bersih, kontaminasi air, kepadatan populasi dan mobilitas.

Musim hujan dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit tertentu karena kondisi lingkungan yang mendukung pertumbuhan mikroorganisme dan penyebaran penyakit tertentu. Beberapa penyakit penyerta yang sering terjadi selama musim hujan meliputi: 

  1. Influenza

Influenza sering dianggap sepele, tetapi berpotensi membahayakan terutama bagi kelompok rentan seperti bayi dan balita. Penurunan imun akan mempermudah influenza untuk menyerang. Oleh sebab itu, penting mencegah influenza dengan cara sebagai berikut.

  1. a) Pastikan masyarakat mendapat vaksinasi flu tahunan sebagai pencegahan utama.
  2. b) Jaga kebersihan pribadi, khususnya melalui  cuci tangan dengan sabun dan air mengurangi risiko penularan.
  3. c) Hindari kontak dengan penderita dan hindari menyentuh wajah untuk mencegah penyebaran virus
  4. d) Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Gizi makanan yang seimbang berperan penting menjaga daya tahan tubuh.
  5. e)  Menggunakan Masker, jangan ragu menggunakan masker ketika berada di tempat umum/tempat yang menjadi sarana penyebaran penyakit

Baca Juga: Kemenag Terbitkan Mushaf Al-Qur'an Terjemahan Bahasa Melayu Ambon

    2.Demam Berdarah Dengue

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah