Warga Betawi Mampu Jadi Gubernur DKI yang Independen

- 12 Desember 2023, 18:18 WIB
Warga Betawi Mampu Jadi Gubernur DKI yang Independen
Warga Betawi Mampu Jadi Gubernur DKI yang Independen /Foto: Lembaga Kebudayaan Betawi/

KabarDKI.com - Anggota DPRD DKI Muhammad Taufik Zoelkifli menilai warga Betawi mampu menjadi Gubernur DKI Jakarta yang independen di masa mendatang. Mengingat keturunan asli Betawi memiliki kompetensi yang mumpuni membangun Jakarta.

"Kalau Pilkada dengan sistem demokrasi, justru anak Betawi asli lebih mungkin menjadi Gubernur DKI Jakarta yang bagus dan independen," kata Taufik kepada awak media.

Taufik menuturkan karakteristik orang Betawi yang teguh mempertahankan dan lebih mengenal budayanya. Selain itu, warga Betawi mampu menjadi Presiden bagi Indonesia di kemudian hari.

Baca Juga: Tokoh Pemuda Betawi Tak Setuju Gubernur Jakarta Ditunjuk oleh Presiden

Kendati demikian, ia menegaskan apabila memang nantinya orang Betawi terpilih menjadi Gubernur, diharap memiliki bibit dan bobot unggul sehingga mampu berkontribusi bagi DKI Jakarta nantinya.

"Asalkan bibit-bibitnya kita persiapan dengan baik lewat prestasi di masyarakat atau menapaki karier di partai politik dengan jenjang yang baik," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bamus Suku Betawi 1982 Zainuddin alias Haji Oding menuturkan pihaknya yang memberikan usulan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) yang mengatur Gubernur dan Wakil Gubernur ditunjuk Presiden.

"Iya usulan dari Majelis Kaum Betawi, yuk kita coba memperhatikan keberadaan putra daerah gitu," ujar Haji Oding.

Baca Juga: Seiring Perpindahan Ibu Kota Negara, Lembaga Adat Betawi Siap Majukan Budaya Jakarta

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x