Galeri Melaka di Museum Sejarah Jakarta Diresmikan, Yuk Kenali Sejarahnya

- 17 Desember 2023, 10:59 WIB
Galeri Melaka di Museum Sejarah Jakarta Diresmikan, Yuk Kenali Sejarahnya
Galeri Melaka di Museum Sejarah Jakarta Diresmikan, Yuk Kenali Sejarahnya /Dok. Berita Jakarta

KabarDKI.com - Galeri Melaka di Museum Sejarah Jakarta diresmikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan. Hal ini juga dilakukan lewat kerja sama dengan Kerajaan Negeri Melaka untuk mempromosikan wisata sejarah kedua kota tersebut.

Peresmian Galeri Melaka Jakarta di Museum Sejarah Jakarta, Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, berlangsung pada Sabtu (16/12). Diharapkan adanya museum ini bisa memperkuat serta memperluas kerja sama Jakarta dan Melaka.

Lokasi Galeri Melaka bertempat di Main Hall Museum Sejarah Jakarta, pengunjung bisa mendapatkan informasi tentang perjalanan sejarah, seni dan budaya serta etnografi Melaka.

Baca Juga: Biar Paham Sejarah, DKI Jakarta Selenggarakan Pameran Seni Temporer di Museum Bahari

Selain memamerkan replika sejumlah bangunan sejarah yang ada di kota Melaka, galeri ini juga memperkenalkan tempat-tempat wisata di Melaka seperti, museum, Sungai Melaka, Menara Taming Sari, Zoo Melaka, Taman Buaya, Pantai Peranginan dan banyak lagi tempat menarik yang bisa dikunjungi.

Setiausaha Kerajaan Negeri Melaka, Datuk Wira Zaidi Bin Johari mengapresiasi hubungan kerja sama yang erat antara DKI Jakarta dengan Kerajaan Negeri Melaka yang sudah berlangsung sejak lama.

Dia menilai, Indonesia dan Malaysia saling berbagi beberapa tradisi dan nilai-nilai yang sama. Kemiripan atau bahkan kesamaan masing-masing produk budaya terjadi karena wilayah geografis yang berdekatan dan juga kesamaan etnis Melayu yang mendiami hampir seluruh wilayah dua negara ini.

Ia menyampaikan, Galeri Melaka di Jakarta awalnya bertempat di Jalan Melaka, Kelurahan Roa Malaka, Tambora, Jakarta Barat pada 2013 silam. Kemudian pindah ke lokasi baru di Gedung Kantor Pos Kawasan Kota Tua, Jalan Fatahilah pada tahun 2018.

Akibat faktor tertentu, Galeri Melaka lalu pindah ke Museum Sejarah Jakarta pada tahun 2022 dan mulai dibuka untuk umum sejak 12 Agustus 2023.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah