Indonesia Kirim Bantuan 10 Juta Dosis Vaksin Polio untuk Rakyat Afghanistan

- 7 Maret 2024, 19:50 WIB
Indonesia Kirim Bantuan 10 Juta Dosis Vaksin Polio untuk Rakyat Afghanistan
Indonesia Kirim Bantuan 10 Juta Dosis Vaksin Polio untuk Rakyat Afghanistan /Kemlu

KabarDKI.com –Pemerintah Indonesia melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) mengirimkan bantuan 10 juta dosis vaksin polio bOPV ke Afghanistan. Pelepasan bantuan dilakukan oleh Menlu RI Retno Marsudi dan Menkeu RI Sri Mulyani Indrawati di bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga: Sikapi Potensi Beda Awal Puasa, Menag Minta Masyarakat Jaga Ukhuwah

Dalam sambutannya, Menlu Retno menyampaikan bahwa situasi kemanusiaan di Afghanistan masih belum membaik. UN World Food Programme memperkirakan 23,7 juta rakyat Afghanistan membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Kondisi sistem kesehatan yang tidak memadai menyebabkan masyarakat rentan terpapar penyakit menular. Afghanistan juga merupakan satu dari dunia negara di dunia yang dikategorikan sebagai negara endemik polio.

“Di tengah situasi ini, tentunya kita wajib membantu. Dan ini juga berdasarkan permintaan dari pihak Afghanistan untuk dapat menyumbangkan vaksin polio, karena kalau kita bicara mengenai vaksin polio, saya kira kita termasuk yang paling maju. Kita sudah memproduksi dan mengekspor ke banyak negara," kata Menlu Retno.

Menlu mengatakan, hibah vaksin polio produkasi Bio Farma ini menjadi bagian dari komitmen Indonesia kepada rakyat Afghanistan.

Baca Juga: Tenda Jemaah Indonesia di Mina Mempunyai Tempat Penyimpanan Air Cadangan

“Sekali lagi, kepentingan rakyat selalu menjadi prioritas bagi kita. Dan insyaallah manfaatnya banyak dan dapat dirasakan langsung oleh rakyat Afghanistan yang memerlukannya," ujar Menlu Retno.

Di akhir sambutan, Menlu menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam penyediaan bantuan ini, termasuk UNICEF yang akan memfasilitasi pengiriman dan pendistribusian vaksin tersebut.

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x