Gunung Ruang Kembali Erupsi, Abu Vulkanik Capai Malaysia

- 2 Mei 2024, 10:00 WIB
Gunung Ruang Meletus Lagi, Status kembali Naik Level AWAS
Gunung Ruang Meletus Lagi, Status kembali Naik Level AWAS /

KabarDKI.com - Erupsi Gunung Ruang kembali terjadi pada 1 Mei 2024. Erupsi tersebut melontarkan lava dan juga abu vulkanik. Bahkan, abu vulkanik dari Gunung Ruang menyebar sampai ke Malaysia.

Semburan lava dan abu vulkanik Gunung Ruang dilontarkan hingga ketinggian 5 kilometer. Kembali bergolaknya Gunung Ruang ini juga membuat sebanyak 12.000 penduduk pulau dievakuasi.

Gunung ruang
Gunung ruang the Guardian

Seperti dikutip dari The Guardian, evakuasi dilakukan pada penduduk yang berada di Pulau Tagulandang yang terletak di sebelah utara Gunung Ruang. Evakuasi dilakukan usai adanya peringatan potensi tsunami akibat puing dari Gunung Ruang yang jatuh ke lautan.

Menurut BMKG, abu vulkanik dari Gunung Ruang menjangkau hingga wilayah timur Malaysia yang terletak di Pulau Kalimantan. Selain itu, abu vulkanik juga membuat beberapa airport harus ditutup di Manado dan Gorontalo.

Sebelumnya Gunung Ruang sempat mengalami aktivitas vulkanik yang tinggi pada awal hingga pertengahan April. Selain erupsi, gempa di Gunung Ruang saat itu telah terjadi sebanyak lebih dari 1000 kali.***

Editor: Endah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah