Gunung Ruang Erupsi Disertai Gempa, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

- 18 April 2024, 09:00 WIB
Letusan Gunung Ruang
Letusan Gunung Ruang /

KabarDKI.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengeluarkan peringatan tsunami terkait dengan aktivitas erupsi yang terjadi pada Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Selama 24 jam terakhir Gunung Ruang tercatat sudah mengalami erupsi selama lima kali. Erupsi Gunung Ruang memiliki ketinggian 1.800 meter hingga 3.000 meter dari puncak gunung.

Baca Juga: Pasca Libur Lebaran, Kualitas Udara Jakarta Terburuk Ke-8 di Dunia

"Masyarakat di Pulau Tagulandang khususnya yang bermukim di dekat pantai agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas, dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan seperti dikutip dari Antara.

"Masyarakat yang bermukim di wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius enam kilometer agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius enam kilometer," tambahnya.

Baca Juga: Empat Cara Atasi Migrain Tanpa Konsumsi Obat-obatan

Erupsi yang terjadi di Gunung Ruang memunculkan suara gemuruh, gempa, hingga kilatan petir vulkanik. Selama periode 1 hingga 17 April, gempa di Gunung Ruang telah terjadi sebanyak 1.439 kali.***

Editor: Endah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x