RTH Johar Baru Ditargetkan Rampung pada Akhir 2024 oleh Pemkot Jakarta Pusat

- 16 Juni 2024, 14:12 WIB
RTH Johar Baru Ditargetkan Rampung pada Akhir 2024 oleh Pemkot Jakarta Pusat
RTH Johar Baru Ditargetkan Rampung pada Akhir 2024 oleh Pemkot Jakarta Pusat /Alfariezie/

KabarDKI.com - Penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah Johar Baru ditargetkan Pemkot Jakarta Pusat selesai pada akhir 2024. Penataan RTH ini sebagai pengembangan dalam pemanfaatan aset pemerintah daerah.

"Target di triwulan empat (Oktober-Desember 2024), sekarang sedang berproses, makanya tadi desain sudah kita bagikan antara Suku Dinas Pertamanan, Sumber Daya Air, untuk mengkomunikasikan ruang hijau sama ruang biru," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma.

Diketahui penataan RTH di Johar Baru pemda memiliki luas lahan hampir 1.000 meter persegi (m2). RTH tersebut akan ditata berupa taman interaksi, sarana olahraga, tempat pertemuan, pagar, taman bermain dan lain sebagainya seperti model Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Baca Juga: Pasca Ditemukannya Kondom di RTH Tubagus Angke, Ini yang Dilakukan Pemprov DKI

"Ya nantinya seperti model RPTRA tapi dalam skala terpadu yang sifatnya swakelola, pengembangan," kata Dhany.

Dhany menyebutkan, pembangunan dan penataan RTH terus dilakukan untuk mendukung berbagai kegiatan masyarakat sehingga warga merasa lebih nyaman dan dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik di Jakarta.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda menyebutkan, pihaknya sudah masuk ke tahap survei bersama tim perencanaan untuk membicarakan konsep dan desain.

"Kemarin tim perencanaan kami ke sana survei sebenarnya sudah ada konsepnya juga dari bu camat, nanti disinkronisasi, kami bikin konsep juga lalu diselaraskan sama punya PTSP Kecamatan Johar Baru, ini ada di daerah Jotet (Johar Teater)," kata Mila.

Mila mengatakan, wilayah tersebut bukan merupakan lokasi yang memang dari awalnya dikelola oleh Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota, tetapi lebih ke fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos dan fasum).

Usai membicarakan konsep, nantinya konsep tersebut langsung disosialisasikan ke masyarakat sekitar untuk mengetahui masukan dan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Cegah Aksi Kriminalitas, RTH dan Taman Kota di Wilayah Jakarta Utara Segera Dipasang CCTV

"Nanti disosialisasikan lalu dapat masukan masyarakat biar tau kebutuhannya seperti apa, baru nanti finalnya konsep seperti apa sebelum pelaksanaan ditata. Di sana juga masih ada bangunan-bangunan," kata Mila.

Adapun daftar lokasi 29 RTH yang akan dibangun maupun ditata tersebar di sejumlah wilayah, yaitu lima lokasi di Jakarta Pusat dan lima lokasi di Jakarta Barat. Lalu enam lokasi di Jakarta Timur, lima lokasi di Jakarta Utara dan delapan lokasi di Jakarta Selatan.

Pembangunan RTH di Jakarta Pusat, yakni penataan Taman Kwista (1.449 m2), Fly Over Slipi Skatepark di Jalan Palmerah Selatan, Tanah Abang, Gelora, Tanah Abang (4.229 m2), TPU di Wilayah (2.212 m2), Jalan Pecenongan Raya, Simpang Lima Senen dan Underpass Senen Jalan Suprapto.***

 

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah