Fenomena El Nino Diprediksi Terjadi Bulan Depan, Ini 3 Upaya Antisipasinya

- 24 Mei 2023, 21:39 WIB
Fenomena El Nino Diprediksi Terjadi Bulan Depan, Ini 3 Upaya Antisipasinya
Fenomena El Nino Diprediksi Terjadi Bulan Depan, Ini 3 Upaya Antisipasinya /Pixabay

KabarDKI.com - Fenomena El Nino di Indonesia diprediksi akan terjadi pada Juni-Agustus 2023 mendatang. Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) Profesor Abdul Rauf mengusulkan kepada pemerintah agar melakukan tiga upaya untuk mengantisipasi dampak dari fenomena tersebut.

"Kalau memang sudah bisa memprediksi kapan terjadinya El Nino, maka sudah tentu dari sekarang harus menyiapkan cadangan bahan pangan seperti beras dan lainnya," ujar Abdul Rauf.

Kedua, ia melanjutkan, untuk antisipasi El Nino, memanfaatkan agroforestri atau penanaman tanaman pangan dan kehutanan di lahan yang sama.

Baca Juga: Terapkan Digitalisasi Teknologi Pertanian, EdenFarm Kolaborasi dengan INDICO

Dengan agroforestri atau wanatani, lahan-lahan di sela barisan tumbuhan pohon misalnya karet, sawit dan tanaman kehutanan dapat dimaksimalkan.

Menurut Abdul Rauf, hasil panen dari agroforestri tidak sebanyak jika menggunakan metode konvensional layaknya sawah.

"Namun, itu bisa meminimalkan efek El Nino yang mengurangi curah hujan,"tambahnya.

Salah satu tanaman pangan yang dapat ditumbuhkan dengan wanatani adalah padi gogo. Padi jenis itu tahan dengan kondisi lahan yang relatif kering. Bukan cuma padi, Abdul Rauf juga menyarankan supaya tetap menumbuhkan tanaman pangan lain dengan multiple cropping atau sistem tanam ganda.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x