Belanda Akui 17 Agustus 1945 sebagai Kemerdekaan Republik Indonesia, Begini Respons Jokowi

- 15 Juni 2023, 16:30 WIB
Belanda Akui 17 Agustus 1945 sebagai Kemerdekaan Republik Indonesia, Begini Respons Jokowi
Belanda Akui 17 Agustus 1945 sebagai Kemerdekaan Republik Indonesia, Begini Respons Jokowi / Lukas/ Biro Pers Sekretariat Presiden

KabarDKI.com - Presiden Jokowi atau Joko Widodo merespons soal pernyataan Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte yang mengakui 17 Agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaan Republik Indonesia. Menurut Jokowi, ia akan berkonsultasi lebih dulu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Memang baru-baru ini, Belanda mengakui 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia lewat Mark Rutte selaku Perdana Menteri Belanda.

"Ya bagus, tapi nanti kita lihat. Saya minta masukan dulu dari Menlu karena impact-nya ke mana-mana," ujar Jokowi singkat kepada awak media selepas peninjauan Pasar Menteng Pulo, Jakarta Selatan, Kamis 15 Juni 2023.

 Baca Juga: Ini Logo dan Slogan HUT RI ke-78 Pilihan Presiden Jokowi

Pernyataan soal pengakuan 17 Agustus 1945 sebagai Hari Kemerdekaan RI dilontarkan Perdana Menteri Rutte dalam sebuah debat hasil penelitian mengenai dekolonisasi di Parlemen Belanda pada Rabu (14/6) waktu setempat.

Dikutip dari transkrip debat yang bisa diakses di situs resmi Parlemen Belanda, Tweede Kamer, Rutte menyatakan bahwa Belanda mengakui tanggal 17 Agustus sebagai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanpa syarat.

Hal itu dilontarkan Rutte menjawab anggota parlemen asal Partai GroenLinks, Corinne Ellemeet, yang meminta sang Perdana Menteri untuk menyampaikan pentingnya tanggal 17 Agustus 1945 dan kemauan untuk berkonsultasi dengan Presiden Indonesia.

"Jawabannya iya. Saya akan memberi Anda sedikit latar belakang tentang itu. Belanda mengakui 17 Agustus sepenuhnya dan tanpa syarat," tutur Rutte.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah