Kasus Data Paspor Bocor, Dirjen Imigrasi Buka Suara

- 18 Juli 2023, 12:06 WIB
Kasus Data Paspor Bocor, Dirjen Imigrasi Buka Suara
Kasus Data Paspor Bocor, Dirjen Imigrasi Buka Suara /Bangkim/

KabarDKI.com - Dugaan Data Paspor bocor sempat viral di media sosial Twitter di pekan pertama Juli 2023, terutama setelah adanya cuitan yang menyebut 34 juta data pemegang paspor bocor dan diperjualbelikan.

Kasus Data Paspor bocor antaranya mencakup nomor paspor, tanggal berlaku paspor, nama lengkap pemegang paspor, jenis kelamin, dan tanggal lahir. Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI Silmy Karim mengatakan kasus Data Paspor bocor yang viral di media sosial sebetulnya terjadi pada Januari 2022.

Silmy Karim menegaskan pihak Imigrasi masih mendalami dan mengidentifikasi kasus Data Paspor bocor, termasuk mengenai bagaimana data pemegang paspor bocor, dan pihak-pihak yang lalai sehingga data itu dapat diakses para peretas.

Baca Juga: Soal RUU Kesehatan, Kemenkes: Tak Perlu Ada Kekhawatiran Data Akan Bocor

“Kejadiannya itu Januari 2022, kurang lebih kira-kira 1,5 tahun yang lalu. Kami sudah identifikasi, kemudian kami lagi kerja siapa yang kiranya ya membuka kemungkinan hal tersebut bisa terjadi. Jadi, kami sudah dapatkan waktunya, kami kejar lagi siapa, dan bagaimana prosesnya,” ujar Silmy Karim saat menghadiri Imigrasi Festival (IMIFest) 2023 di Dharma Negara Alaya, Denpasar, Bali, Selasa 18 Juli 2023.

Silmy menjelaskan tidak ada data imigrasi yang bocor. Data-data Imigrasi itu mencakup hasil rekam biometrik para pemegang paspor, dan data pendukung permohonan paspor.

“Itu bukan data dari Imigrasi. Saya akan tindak lanjuti, sikapi ini dengan sebaik-baiknya. Artinya ini tentu kami tingkatkan kewaspadaan,” kata Silmy Karim.

Kendati demikian, Imigrasi dalam siaran resminya menyampaikan data-data yang diduga bocor itu merupakan data teks yang mana struktur data itu saat ini tidak lagi digunakan Direktorat Jenderal Imigrasi.

Baca Juga: Kemenkumham Pastikan Rutan Lapas di DKI Jakarta Tak Ada Penyiksaan

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah