Begini Upaya Pemprov DKI Jakarta Hadapi Perubahan Iklim

- 30 Agustus 2023, 15:14 WIB
Begini Upaya Pemprov DKI Jakarta Hadapi Perubahan Iklim
Begini Upaya Pemprov DKI Jakarta Hadapi Perubahan Iklim /freepik.com - @jcomp/

KabarDKI.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berupaya untuk menghadapi perubahan iklim salah satu usahanya yaitu bersama dengan United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC), Uni Eropa (EU) dan Global Covenant of Mayors for Climate Change and Energy (GCoM) menggelar acara lokakarya di Hotel Ayana Midplaza Jakarta Jalan Jenderal Sudirman, Karet Tengsin, Tanah Abang.

Kegiatan bertajuk 'Moving Towards Implementation: Alternative Opportunities for City-Level Climate Action' tersebut dihadiri 23 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia yang tergabung dalam platform GCom.

Di antaranya Jakarta, Manado, Ambon, Balik Papan, Banda Aceh, Jayapura, Denpasar, Bontang, Probolinggo, Salatiga, Sawahlunto, Sukabumi dan Tanggerang.

Baca Juga: Hadapi Perubahan Iklim, Industri Pangan Siap Wujudkan Pertanian Berkelanjutan di Tanah Air

Kepala Biro Kerja Sama Daerah (KSD) DKI Jakarta, Marulina Dewi Mutiara, mengatakan melalui lokakarya ini, Pemprov DKI Jakarta berupaya mengatasi perubahan iklim. Salah satunya melalui rangkaian Ketetuaan ASEAN dalam kegiatan Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors forum.

“Di sana banyak berdiskusi masalah urban atau perkotaan yang secara internasional perlu dibumikan di kota-kota,” kata Marulina Dewi seperti dikutip dari Berita Jakarta, Rabu 30 Agustus 2023.

Menurutnya, tema yang diangkat kali ini menjadi penting dan selaras dengan upaya Jakarta melawan dampak perubahan iklim semenjak bergabung dengan platform GCom pada 2015.

“Pada 2021, kita telah mengeluarkan Pergub Nomor 90 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah yang Berketahanan Iklim," katanya.

Ia menerangkan, dalam pergub tersebut telah diatur upaya-upaya mengurangi emisi karbon dengan membangun transportasi publik yang terintegrasi.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah