Buka KTT ASEAN2023, Presiden Jokowi: Kesatuan ASEAN Masih Terpelihara dengan Baik

- 5 September 2023, 20:00 WIB
Buka KTT ASEAN ke-43, Presiden Jokowi: Kesatuan ASEAN Masih Terpelihara dengan Baik
Buka KTT ASEAN ke-43, Presiden Jokowi: Kesatuan ASEAN Masih Terpelihara dengan Baik /Humas Setkab/

KabarDKI.com - Presiden RI Jokowi atau Joko Widodo menegaskan kesatuan dan sentralitas Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (KTT ASEAN 2023) masih terjaga meski di tengah tantangan dunia yang semakin berat dan perebutan pengaruh di antara kekuatan-kekuatan besar dunia.

“Sebagai anggota keluarga dan sebagai ketua ASEAN, saya ingin tegaskan bahwa kesatuan ASEAN sampai saat ini masih terpelihara dengan baik,” kata Presiden Jokowi dalam pembukaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Selasa 5 September 2023.

Kendati demikian, Presiden Jokowi menambahkan, persatuan ASEAN bukan berarti tidak ada perbedaan pendapat di antara negara anggotanya.

Baca Juga: Saat KTT ASEAN TMII Tutup Sementara pada 5-6 September 2023

Sebagai negara yang memiliki beragam suku, budaya, bahasa, dan agama, Indonesia menilai kesatuan sebagai sebuah harmoni dalam perbedaan—termasuk di dalamnya perbedaan pendapat.

“Karena perbedaan pendapat justru menyuburkan demokrasi, justru menunjukkan bahwa kita sebagai keluarga memiliki kedudukan yang setara,” kata Presiden Jokowi.

Kesetaraan dianggap Jokowi sudah menjadi “barang langka” di dunia, mengingat banyaknya ketidakadilan dan konflik yang terjadi akibat tidak adanya kesetaraan.

“Tetapi di ASEAN berbeda. Kesetaraan justru menjadi value utama yang kita hormati dan junjung bersama dalam bingkai persatuan dan kebersamaan sehingga kapal besar ASEAN dapat terus melaju,” tutur dia.

KTT ke-43 ASEAN diselenggarakan di bawah tema keketuaan Indonesia yaitu “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Melalui tema itu, Indonesia ingin menjadikan ASEAN tetap relevan agar mampu menghadapi berbagai tantangan ke depan serta mendorong stabilitas dan perdamaian kawasan.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah