Polusi DKI Jakarta Duduki Posisi Nomor Satu Dunia

- 16 September 2023, 13:14 WIB
Polusi DKI Jakarta Duduki Posisi Nomor Satu Dunia
Polusi DKI Jakarta Duduki Posisi Nomor Satu Dunia /

KabarDKI.com - Polusi DKI Jakarta duduki nomor satu dunia pada pada Sabtu 16 September 2023 pagi tadi. Ibu Kota Indonesia ini menjadi kota besar paling berpolusi.

Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir pada pukul 06.00 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 164 atau masuk dalam kategori tidak sehat untuk angka partikel halus (particulate matter/PM) 2,5.

Situs pemantau kualitas udara dengan waktu terkini tersebut pun mencatatkan DKI Jakarta sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Baca Juga: Pakar Sebut Polusi Udara Bisa Akibatkan Gagal Jantung

Setelah Jakarta, kota dengan kualitas udara terburuk berikutnya adalah Dubai (UEA) dengan indeks kualitas udara di angka 156 dan Johannesburg (Afrika Selatan) di angka 153.

Sejumlah wilayah di DKI Jakarta dengan kualitas udara terburuk, yakni Kemang, Jeruk Purut, Pantai Indah Kapuk, Kebon Jeruk, Cilandak Barat dan Kuningan, Jakarta Selatan.

Hal yang sama juga tercatat pada Sistem Informasi Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta yang menyebutkan bahwa kualitas udara di Jakarta secara umum berada pada kategori tidak sehat karena patokan partikel halus polusi di udara PM2,5, angka indek 108.

Baca Juga: KLHK Hentikan Operasional 4 Perusahaan Penyebab Polusi Udara di Jabodetabek, Ini Daftarnya

Angka itu memiliki penjelasan tingkat kualitas udaranya tidak sehat karena dapat merugikan pada manusia ataupun kelompok hewan yang sensitif atau bisa menimbulkan kerusakan pada tumbuhan ataupun nilai estetika.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah