Ekspor Sulawesi Utara Agustus 2023 Didominasi Singapura, Thailand, Australia

- 26 September 2023, 13:30 WIB
Ekspor Sulawesi Utara Agustus 2023 Didominasi Singapura, Thailand, Australia
Ekspor Sulawesi Utara Agustus 2023 Didominasi Singapura, Thailand, Australia /

KabarDKI.com - Pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersinergi mendukung dan
menyediakan fasilitasi untuk pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Terlebih, Kementerian Perdagangan memiliki target untuk meningkatkan kinerja ekspor nonmigas. Demikian ditekankan Wamendag Jerry Sambuaga usai meninjau stan UMKM dalam pameran Discover North Sulawesi yang dihelat di Hotel Borobudur, Jakarta Senin (25/9).

"Keberpihakan pemerintah untuk UMKM ditunjukkan melalui regulasi dan fasilitasi. Kementerian Perdagangan sendiri memiliki program pendampingan ekspor (Export Coaching Program) untuk pelaku UMKM yang berorientasi ekspor di 12 provinsi, termasuk salah satunya Sulawesi Utara.

Baca Juga: Industri Tekstil di Jabar Terancam Berhenti Produksi Imbas Predatory Pricing di Social Commerce

Melalui proses seleksi dan verifikasi, pelaku usaha yang terpilih akan mendapatkan pendampingan selama setahun," ungkap Wamendag Jerry.

Fasilitasi yang lain, imbuh Wamendag Jerry, adalah penjajakan kesepakatan bisnis (business
matching). "Kementerian Perdagangan memiliki 46 perwakilan perdagangan yang siap bersinergi membantu pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Perwadag bukan berjualan, tapi dapat memberikan informasi pasar, seperti karakteristik masyarakat atau spesifikasi produk yang dibutuhkan; memfasilitasi pertemuan dengan pelaku usaha setempat dan keikutsertaan di pameran," jelas Wamendag Jerry.

Tidak hanya meninjau, Wamendag Jerry juga membeli sejumlah produk yang dipamerkan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap UMKM Sulawesi Utara.

Wamendag Jerry berharap, Sulawesi Utara dapat meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian nasional.

Discover North Sulawesi adalah program kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dengan Hotel Borobudur Jakarta untuk menyambut HUT Emas ke-50 Hotel Borobudur pada 2024 mendatang. Selain itu, juga dalam rangka memeriahkan HUT ke-59 Provinsi Sulawesi Utara yang jatuh pada 23 September 2023. Di samping itu, program ini juga adalah upaya Hotel Borobudur Jakarta dalam mendukung porgram pemerintah, khususnya bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah