Jakarta Architecture Festival 2023, Sebuah Optimisme Jakarta yang Lebih Baik

- 2 Oktober 2023, 10:06 WIB
Jakarta Architecture Festival 2023, Sebuah Optimisme Jakarta yang Lebih Baik
Jakarta Architecture Festival 2023, Sebuah Optimisme Jakarta yang Lebih Baik /Dok. Jakarta Architecture Festival 2023

KabarDKI.com - Jakarta Architecture Festival (JAF) 2023 mengakhiri rangkaian acaranya pada tanggal 30 September 2023. Gelaran ini telah dimulai sejak 9 September 2023 dengan tema TRANSIT(ION) mengusung spirit perubahan berkelanjutan bagi kota tercinta Jakarta.

Tercermin dalam setiap rangkaian acara dalam Jakarta Architecture Festival 2023, seperti: international conference, JAF Talks, movie screening, city tour, diskusi, eksibisi, Gowes Heritage serta sketch dari sebagai bentuk apresiasi akan warisan yang ada di Jakarta.

“JAF 2023 menjadi ajang perayaan semangat perubahan status Jakarta dari Ibu Kota Negara. Beragam insights, pemikiran dari para narasumber baik dalam negeri maupun internasional yang hadir mampu memberikan nafas ide baru akan mimpi masa depan Jakarta sebagai Sustainable Global City,” ucap Ar. Doti Windajani, IAI, AA, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia Jakarta (IAI Jakarta).

Baca Juga: Setelah Jakarta Tidak Berstatus DKI Pemerintah Bentuk Dewan Regional untuk Urus DKJ

Napak tilas perjalanan Jakarta, menjadi suguhan menarik dan informatif untuk warga Jakarta dan sekitarnya dari kegiatan city tour yang diadakan ke beberapa destinasi seperti Stadhuisplein, Waterlooplein & Koningsplein, Senayan, Kampung Susun Akuarium dan Kunir.

Selain itu untuk lebih mengapresiasi warisan di Jakarta, juga diadakan beberapa kegiatan berupa Sana Kenal Kota, sebuah kunjungan ke Pulau Onrust, gerbang masuk VOC, Gowes Heritage, workshop & sketch on location, serta screening film dan pemutaran layar tancap.

Beberapa narasumber di Jakarta Architecture Festival 2023 juga turut hadir baik diskusi maupun international conference. Tampak nama-nama yang kompeten di bidangnya seperti: Heru Budi Hartono yang diwakili Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Ir. Benni Aguscandra, MDM, Iwan Kurniawan, Doti Windajani, Jorris Van Etten, Anton Siura, WIbowo Muljono, Dato’ Dr. Ken Yeang, Rita Padawang, Daliana Suryawinata, Andreas Michelsen, dan stakeholder lainnya yang turut andil menyumbangkan pemikiran serta pandangannya untuk membantu transisi Jakarta menjadi kota global yang sustainable, mampu menjadi kota berkeadilan bagi semua penghuninya.

Baca Juga: OPD DKI Jakarta Bersihkan Puing-puing Sisa Bangunan Korban Kebakaran Plumpang

Jakarta Architecture Festival 2023 melahirkan sebuah manifesto sebagai sebuah bentuk komitmen IAI Jakarta untuk membantu masa depan kota Jakarta yang didasarkan pada empat pilar utama, yaitu: Keberlanjutan : Jakarta harus menjadi kota yang berkelanjutan, yang dapat memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa mengorbankan generasi mendatang; Inklusivitas : Jakarta harus menjadi kota yang inklusif, yang memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang, tanpa memandang latar belakang ekonomi, sosial, atau budaya; Keadilan: Jakarta harus menjadi kota yang adil, yang memberikan keadilan sosial dan ekonomi bagi semua warganya; dan Kualitas hidup: Jakarta harus menjadi kota yang meningkatkan kualitas hidup warganya.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x