Serangan di Houthi, Tidak Ada WNI Jadi Korban

- 15 Januari 2024, 08:34 WIB
Tidak Ada Korban Jiwa WNI Dalam Serangan di Houthi
Tidak Ada Korban Jiwa WNI Dalam Serangan di Houthi /Kemlu RI

KabarDKI.com- Telah terjadi serangan ke beberapa titik di Yaman yang merupakan wilayah-wilayah Houthi beroperasi pada 12 Januari lalu, antara lain Sanaa, Hudaidah, Dhammar, Sa'da Hajjah, dan Taiz.

Serangan dilakukan oleh gabungan Pasukan Amerika Serikat, Inggris dengan dukungan beberapa negara lainnya. 

KBRI Muscat yang memiliki wilayah kerja di Yaman terus mengikuti perkembangan situasi keamanan di Yaman dan kondisi para WNI. Hingga saat ini, tidak ada WNI yang dilaporkan menjadi korban dalam serangan dimaksud.

Baca Juga: Kemenag RI Mencari 500 Dai, Berikut Cara Daftarnya

Tercatat 47 WNI berdomisili di wilayah yang mendapat serangan dengan sebaran di Sanaa (15 orang), Hudaidah (19 orang) dan Dhammar (13 orang). Berdasarkan komunikasi dg para WNI tersebut, mereka dalam keadaan baik dan aman.

KBRI akan terus berkoordinasi dengan otoritas setempat dan berkomunikasi dengan komunitas Indonesia untuk memonitor kondisi dan keselamatan para WNI.

Baca Juga: Berikut Cara Daftar Gratis Peserta Didik Baru Madrasah Unggulan di Indonesia

Berdasarkan data lapor diri, terdapat sebanyak 4.866 WNI berdomisili di Yaman, mayoritas adalah mahasiswa di Wilayah Tarim Hadhramaut. KBRI Muscat telah mempersiapkan rencana kontingensi jika terjadi eskalasi lebih lanjut. Sebelumnya, pada tanggal 2 November 2023, KBRI Muscat telah menyampaikan imbauan kepada WNI di Yaman khususnya di Wilayah Sanaa dan sekitarnya untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengimbau dapat berpindah sementara waktu ke Yaman selatan yang lebih aman.

Baca Juga: Menag Tegaskan Layanan Haji Harus Berorientasi Jemaah

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x