Jurnalis Dipecat Gara-gara Unggah Kondisi Jalur Gaza di Media Sosial

- 19 Januari 2024, 09:00 WIB
Wartawan Dipecat Gara-gara Unggah Kondisi Jalur Gaza di Media Sosial
Wartawan Dipecat Gara-gara Unggah Kondisi Jalur Gaza di Media Sosial /Pexels/David Peinado/

KabarDKI.com - Jurnalis dipecat gara-gara unggah kondisi jalur Gaza di media sosialnya. Meski begitu, pewarta asal Australia, Antoinette Lattouf akan melanjutkan perjuangan "vonis" yang didapat dengan menegaskan kasusnya adalah soal "kebebasan berbicara."

Diketahui, perusahaan media ABC memecat Lattouf pada Desember 2023 karena ia mengunggah ulang artikel Human Rights Watch (HRW) tentang wilayah kantong Palestina yang terkepung di platform Instagram.

Organisasi Hak Asasi Manusia Internasional menerbitkan sebuah penelitian yang merinci, bagaimana otoritas Israel di Gaza menggunakan kelaparan sebagai senjata perang.

Baca Juga: Mitigasi Keselamatan Jurnalis di Indonesia, Ternyata Tingkat Kekerasan Terhadap Insan Pers Meningkat 

"Saya sudah siap berjuang sepenuhnya dan ingin memanfaatkan momen ini untuk menyampaikan terima kasih kepada jutaan orang yang mendukung saya," kata Antoinette Lattouf, mantan jurnalis ABC kepada wartawan di Sydney setelah menyampaikan pendapatnya dalam sidang virtual oleh Komisi Pekerjaan yang Adil, menukil dari Antara.

Lattouf, seorang wartawan keturunan Lebanon, dipecat bulan lalu setelah adanya upaya desakan terhadap dirinya dan ABC oleh kelompok lobi Israel di Australia.

“Ada begitu banyak dukungan di dalam negeri dan juga di luar negeri,” kata Lattouf, yang dalam pengaduannya menyatakan bahwa salah satu alasan pemecatannya adalah karena ras.

“Ini adalah kasus yang sangat penting karena ini bukan hanya tentang saya, ini tentang kebebasan berpendapat, ini tentang rasisme,” jelasnya.

Baca Juga: Soal Ancaman 'Tembak' ke Wartawan, Kemenko Perekonomian Berikan Klarifikasi

Halaman:

Editor: Endah

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah