INDEF Nilai Debat Cawapres Kurang Dielaborasi Secara Sederhana ke Masyarakat

- 22 Januari 2024, 22:41 WIB
INDEF Nilai Debat Cawapres Kurang Dielaborasi Secara Sederhana ke Masyarakat
INDEF Nilai Debat Cawapres Kurang Dielaborasi Secara Sederhana ke Masyarakat /IST

KabarDKI.com - Debat keempat Pemilu 2024 calon wakil presiden dinilai Kepala Center of Industry, Trade and Investment INDEF Andy Satrio Nugroho kurang dielaborasikan oleh masing-masing paslon.

Menurutnya, elaborasi secara mendalam permasalahan serta solusinya penting untuk disampaikan agar masyarakat memahami arah kebijakan masing-masing pasangan calon (paslon).

“(Isu) dielaborasikan secara sederhana kepada masyarakat sehingga masyarakat mau untuk memilih mereka begitu, dan ini yang tidak juga (disampaikan) semalam,” kata Andy dalam diskusi publik 'Tanggapan Indef atas Debat Keempat' dipantau secara virtual di Jakarta, Senin (22/1).

Baca Juga: Anak Gus Dur Sayangkan Sikap Gibran yang Jahil di Debat Cawapres

Andy mengatakan, topik yang meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat merupakan topik yang harus disampaikan secara sederhana.

Meski sepanjang debat, masing-masing Cawapres masih belum mampu menjelaskan dengan baik kepada masyarakat. Andy memberikan contoh terkait isu “greenflation” atau inflasi hijau.

Inflasi hijau, menurut Andy, harusnya dapat dibahas lebih dalam dan dikaitkan dengan kondisi aktual di Indonesia saat ini. Seperti saat harga pangan melambung tinggi karena El Nino, yang dapat mendorong meningkatnya inflasi dan berdampak secara langsung terhadap kesejahteraan petani.

Baca Juga: Debat Cawapres Cak Imin Kritik Program Food Estate yang Abaikan Petani hingga Rusak Lingkungan

“Yang hilang adalah pendidikan terkait dengan tadi ya, pentingnya pembangunan berkelanjutan, pentingnya pengelolaan sumber daya berkelanjutan, bagaimana peran desa ke depan, gitu ya,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah