Raih Prestasi Gemilang, MTsN 3 Malang Harumkan Nama Indonesia di Romania

- 17 April 2024, 07:29 WIB
Raih Prestasi Gemilang, MTsN 3 Malang Harumkan Nama Indonesia di Rumania
Raih Prestasi Gemilang, MTsN 3 Malang Harumkan Nama Indonesia di Rumania /Kemenag RI

KabarDKI.com-Tim riset Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Malang mengukir prestasi internasional. Tim yang beranggotakan empat siswa MTsN 3 Malang ini medali emas Internasional Exibition yang berlangsung di Kota Deva, Romania.

Ajang ini berlangsung tiga hari, 4-6 April 2024. Kompetisi diselenggarakan oleh CORNELIUGROUP research-innovation Association berkolaborasi dengan Faculty of Engineering Hunedoara – Politehnica University of Timisoara Deva city.

Baca Juga: Pertamina Patra Niaga Pastikan Ketersediaan BBM Arus Balik Idul Fitri 2024

Tim riset MTsN 3 Malang terdiri atas Aretha Puspa Indriani, Jasmine Ahnafiah Tunggadewi, Efendi Bagus Rahman Adhipramana, dan Nafeeza Putri Niza. Riset mereka mengusung tema “Application of The Concept Of Ihyaul Mawat As A Wonosantri Economic Jihad In The Conservation Of Degraded Forest Land”.

Untuk menjadi yang terbaik, mereka harus bersaing dengan tim lainnya dari Australia, Brasil, Kanada, Kamboja, Kamerun, Cina, Mesir, Inggris, Jerman, Yunani, Hongaria, India, india, Irak, Israel, Italia, Lebanon, Malaysia, Moldova, Filipina, Portugal, Rumania, Arab Saudi, Serbia, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, Turki, Vietnam dan Zanzibar.

Ini bukan prestasi pertama yang diraih Tim Riset MTsN 3 Malang. Sebelumnya, sejumlah capaian mereka raih, antara lain: finalis Myres 3 tahun beruntun. Madrasah Young Researchers Supercamp atau Myres merupakan ajang lomba karya tulis ilmiah madrasah berbasis riset bagi siswa MTs dan MA (Madrasah Aliyah) yang diselenggarakan Kementrian Agama.

Baca Juga: Antisipasi Antrian di Pelabuhan Merak, Pertamina Imbau Pemudik Lakukan Pengisian BBM

Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama RI M Sidik Sisdiyanto mengapresiasi prestasi Tim Riset MTsN 3 Malang. Selain membanggakan, menurutnya, hal itu semakin meneguhkan kualitas pendidikan madrasah. Siswa madrasah tidak hanya kompetitif di level nasional, tapi bahkan internasional.

Prestasi ini, kata Sidik Sisdiyanto, tentu bisa diraih berkat kerja keras, tekad yang kuat serta pantang menyerah. “Saya sangat terkesan dengan dedikasi dan kerja keras yang telah ditunjukkan oleh tim dari MTsN 3 Malang, termasuk para guru pembimbing dan pendamping. Kerja keras dan ketekunan telah membuahkan hasil yang manis," ujarnya.

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x