Cerita Nasabah PNM Ciptakan Inovasi Olahan Bunga Mawar

- 14 Juni 2024, 15:30 WIB
Cerita Nasabah PNM Ciptakan Inovasi Olahan Bunga Mawar
Cerita Nasabah PNM Ciptakan Inovasi Olahan Bunga Mawar /ist

KabarDKI.com - Bunga Mawar dikenal karena keindahan dan keharumannya yang memikat. Namun siapa sangka bunga yang menjadi simbol cinta ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Berawal dari rasa penasaran dan banyaknya petani mawar di desanya yang tidak bisa menjual mawar bila musim sedang mahal hingga akhirnya terbuang percuma, ibu satu ini bertekad membuat inovasi ragam olahan dari bunga mawar. 

Asih Widiyani merupakan nasabah PNM melalui program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang sukses melakukan inovasi produk olahan bunga mawar mulai dari camilan hingga produk minuman.

“Saya produksi mulai dari olahan stik mawar, sirup mawar sampai kripik mawar. Awalnya susah bikin rasa yang pas, saya coba berkali-kali kasih tester sampai orang-orang bilang enak akhirnya saya jual,” ungkap perempuan yang biasa disapa Asih ini.

Baca Juga: KemenKopUKM Sukses Dorong Kemitraan UKM Korea dan UKM Indonesia Lewat ODA Project

Produk dengan merek Kwt Gimbal Rejeki ini pun sering dijadikan buah tangan oleh dinas kota Kediri serta kabupaten setempat untuk tamu yang datang. 

“Mereka tertarik karena katanya produk saya unik, bisa langsung pesan dari jauh-jauh hari dan saya jual online juga,” jelasnya.

Ia mengaku berkat sering mengikuti pelatihan, kini ia mahir memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan WhatsApp untuk berjualan. Asih merasakan pemberdayaan yang diberikan PNM sangat membantunya dalam mendapatkan modal usaha dan juga pendampingan sehingga produk olahan bunga mawar dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

“Berkat Mekaar saya dapat modal buat mulai produksi usaha mawar ini tanpa perlu jaminan apa-apa,” tambah Asih.

Baca Juga: 10 Toko Bunga Terbaik di Jakarta Lengkap dengan Alamatnya

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah