Sapi Bali Jadi Hewan Kurban Favorit untuk Warga Jakarta, Ini Alasannya

- 16 Juni 2024, 08:30 WIB
Sapi Bali di peternakan warga. Saat ini Bali juga terpapar penyakit mulut dan kuku pada hewan Sapi sehingga dilakukan lockdown perdagangan sapi keluar
Sapi Bali di peternakan warga. Saat ini Bali juga terpapar penyakit mulut dan kuku pada hewan Sapi sehingga dilakukan lockdown perdagangan sapi keluar /Kartika Mahayadnya/Denpasar Update

KabarDKI.com - Sapi Bali jadi jenis sapi yang paling laris dibeli untuk hewan kurban oleh masyarakat Jakarta. Hal tersebut diutarakan oleh pedagang sapi Jaja Harja.

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Jaja mengatakan sebelumnya ia memiliki total 330 ekor sapi dari Bali. Namun seiring berjalannya waktu, kini hanya tersisa lima ekor saja.

"Di sini pembeli dari kalangan pejabat juga ada, semua kalangan beli, dari kalangan ekonomi bawah sampai pejabat, pengusaha mereka semua antusias untuk beli sapi kurban, karena momennya sekarang Hari Raya Idul Kurban," ujar pedagang sapi di wilayah Pulo Gebang tersebut, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Ancol Gelar Konser Musik untuk Rayakan HUT DKI Ke-497, Segini Harga Tiketnya

"Malah sampai sekarang itu banyak yang nyari sapi besar sapi Bali dengan kisaran 500 kilogram. Sampai saat ini kami masih (menjual) di sapi bali karena sesuai minat pembeli yang memang mencari jenis sapi tersebut," tambahnya.

Sapi kurban yang dijual oleh Jaja memiliki harga yang bervariasi. Mulai dari yang ukuran kecil dibanderol dengan harga Rp18 juta, lalu untuk ukuran besar dengan berat sekira 500 kilogram dibanderol Rp40 juta.

Menurut Jaja, sapi Bali banyak diminati karena memiliki tulang kecil dan daging yang padat. Selain itu, sapi Bali juga memiliki kulit tipis dan kadar air rendah.

Baca Juga: Persija dan Thomas Doll Resmi Berpisah

"Kami sudah dari tahun 2008 usaha pengadaan sapi kurban, sapi bali yang kami sediakan, karena sampai saat ini istilahnya antusias masyarakat untuk sapi bali itu masih tinggi. Jadi di sini itu sapi bali semua," jelasnya.***

Editor: Endah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah